Chipset Qualcomm Rentan Terserang Bug Meltdown dan Spectre

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 06 Januari 2018, 14:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 06 207 1841078 chipset-qualcomm-rentan-terserang-bug-meltdown-dan-spectre-54zHxdpxmt.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Qualcomm mengalami nasib yang sama dengan Intel, di mana prosesornya memiliki kerentanan atas bug Meltdown dan Spectre. Hal ini telah dikonfirmasi oleh perusahaan asal California tersebut.

Qualcomm mengakui setidaknya sebagian dari miliaran chipset Snapdragon yang menggunakan teknologi ARM terpengaruh oleh bug Meltdown dan atau Spectre.

Baca: Bug Meltdown dan Spectre Ancam Prosesor Intel, ARM dan AMD

“Qualcomm menyadari penelitian keamanan terkait kerentanan prosesor industri yang telah dilaporkan,” kata juru bicara Qualcomm kepada The Register.

Demi mengatasi masalah tersebut, Qualcomm bekerjasama dengan ARM untuk mengembangkan mitigasi bagi konsumen.

“Kami telah bekerjasama dengan ARM dan lainnya untuk mengidentifikasi dampak dan mengembangkan mitigasi bagi pelanggan kami. Kami secara aktif menggabungkan dan menerapkan mitigasi terhadap kerentanan produk kami yang terdampak, dan kami terus berupaya memperkuatnya. Kami sedang dalam proses menerapkan mitigasi ini kepada pelanggan dan mendorong mereka untuk meng-update perangkat mereka ketika update tersedia,” paparnya.

Baca juga: Semua Perangkat Apple Terkena Bug Meltdown dan Spectre

Sayangnya Qualcomm enggan menyebut chipset mana saja yang terdampak dari bug yang menghebohkan industri teknologi itu.

Sebelumnya, bug Meltdown dan Spectre teridentifikasi oleh para peneliti keamanan Google dan beberapa organisasi lain. Tak hanya Qualcomm, Intel, dan AMD, Apple pun mengaku telah terdampak bug itu. Demikian seperti dilansir The Register, Sabtu (6/1/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini