nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intel Core Gen 8 dengan Radeon RX Vega M Meluncur

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 207 1841649 intel-core-gen-8-dengan-radeon-rx-vega-m-meluncur-RyxDcmaj8e.jpg (Foto: Newsroom.intel)

JAKARTA - Intel baru-baru ini meluncurkan prosesor terbaru mereka, Intel Core Gen 8 dengan dukungan grafis Radeon RX Vega M. Perangkat menawarkan keunggulan untuk kebutuhan bermain game-game terkini.

Tidak hanya itu, dalam website newsroom.intel, terungkap bahwa Intel Core Gen cocok untuk kreator konten dan penggemar virtual atau mixed reality. Intel mengemas perangkat mereka dengan desain small form factor.

Dengan proseser terbaru yang didukung grafis Radeon RX Vega M, menawarkan boost tiga kali lipat dalam frame per detik pada perangkat tertipis. Intel Core Gen 8 hadir dengan dua konfigurasi, yakni Intel Core Gen 8 dengan Radeon RX Vega M GL Graphics (65W) dan Intel Core Gen 8 dengan Radeon RX Vega M GH Graphics (100W).

Baca juga: Bug Meltdown dan Spectre Ancam Prosesor Intel, ARM dan AMD

Intel pertama kali berbagi rincian awal tentang penambahan baru ke keluarga prosesor Intel Core 8 Gen di awal November. Ini menyatukan CPU quad-core Intel, grafis Radeon RX Vega M dan 4GB HBM2 berdedikasi menggunakan teknologi Intel Embedded Multi-Die Interconnect Bridge (EMIB).

EMIB bertindak sebagai jembatan informasi cerdas berkecepatan tinggi antara GPU dan HBM2. Dengan teknologi ini, tidak hanya performa yang dapat ditingkatkan, tetapi juga perangkat mobile tertipis juga bisa dipakai selama lebih dari delapan jam.

Pada November 2017 dilaporkan, Intel dan AMD menjalin kemitraan demi saingi Nvidia. Chip baru hasil kemitraan kedua perusahaan akan dirancang untuk laptop yang didesain berbodi tipis serta portable.

Baca juga: Akhirnya! Intel dan AMD Jalin Kemitraan Demi Saingi Nvidia

Meski begitu, laptop tersebut akan tetap mumpuni bagi para gamer yang ingin bermain game secara intensif. Laptop itu juga akan menjadi bagian dari jajaran Intel Core generasi kedelapan serta menandai kemitraan pertama Intel dengan AMD sejak tahun 1980-an, seperti dinyatakan The Wall Street Journal.

AMD sendiri diketahui mengembangkan chip Ryzen AMD yang dirancang untuk plaptop berbodi tipis yang akan dirilis akhir tahun ini. Meski begitu, AMD menyatakan bahwa chip hasil kemitraannya dengan Intel tak akan menjadi pesaing chip besutannya itu.

Pasalnya, chip barunya dengan Intel ditujukan secara khusus untuk para gamer, sementara chip Ryzen AMD tidak dirancang khusus bagi gamer meski perangkat itu tetap bisa menjalankan game.

Intel sendiri mengatakan bahwa chip itu merupakan produk pertama yang menggunakan desain bridge cerdas EMIB kecil, yang memungkinkan informasi dikirimkan dengan cepat. Brigde itu juga memungkinkan chip menjadi lebih ramping dan lebih kuat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini