Astronot Legendaris John Young Meninggal Dunia

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018, 11:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 56 1841584 astronot-legendaris-john-young-meninggal-dunia-DCIlQlWj68.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA Astronot legendaris John Young meningal dunia. Astronot yang pernah berjalan di bulan dan memimpin misi pertama antariksa itu mengembuskan napas terakhirnya pada usia yang ke-87.

Berdasarkan keterangan dari NASA, John Young meninggal pada Jumat 5 Januari waktu setempat, setelah mengalami komplikasi pneumonia. Young meninggal di kediamannya, Houston, Texas.

Baca: Selain Nonton Star Wars, Ini yang Dilakukan Astronot di Luar Angkasa

Dijelaskan NASA, Young merupakan satu-satunya astronot yang menjelajah luar angkasa sebagai bagian dari program Gemini menggunakan pesawat luar angkasa Apollo. Young juga menjadi astronot yang pertama kali mengangkasa sebanyak enam kali.

Sementara itu dalam misi Gemini, Young menjadi astronot ke-9 yang menjelajah dan berjalan di Bulan.

Julukan astronot legendaris juga disandang John Young, dimana ia menjadi pioner penjelajahan luar angkasa dengan beberapa astronot seperti Neil Armstrong, Pete Conrad dan James Lovell pada 1962.

“Hari ini, NASA dan dunia telah kehilangan pelopor. Karir astronot John Young mencapai tiga generasi ruang angkasa. John adalah salah satu perintis kelompok awal eksplorasi ruang angkasa, dimana keberanian dan komitmennya mendorong prestasi besar pertama bangsa kita di luar angkasa,” tulis administrator NASA, Robert Lightfoot dalam sebuah email.

Baca juga: OKEZONE STORY: Sempat Terusir dari Rumah, Yuri Gagarin Sukses Jadi Astronot Pertama di Dunia

Dilansir Business Insider, Senin (8/1/2017), John Young terbang dua kali dalam misi Gemini pada pertengahan 1960-an. Ia juga tercatat dua kali ke Bulan dengan menggunakan pesawat terbang Apollo, dan dua kali mengendarai pesawat ualng alik Columbia pada awal 1980-an.

Selama 17 tahun, astronot John Young menghabiskan hidupnya di NASA Johnson Space Center di Houston. Ia tercatat pensiun dari badan antariksa tersebut pada akhir tahun 2004. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini