Rafflesia Arnoldii Jadi Google Doodle Hari Ini

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018, 11:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 09 207 1842158 rafflesia-arnoldii-jadi-google-doodle-hari-ini-jZfdEvKQ6x.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA – Google merayakan hari jadi bunga Rafflesia Arnoldii. Hal ini tampak dari tampilan doodle yang terlihat ketika Anda membuka laman Google Search.

Doodle itu berformat GIF sehingga mampu bergerak, dimana mermperlihatkan bunga bangkai itu mekar dengan sempurna. Tak hanya itu, bunga yang menjadi doodle tersebut juga mengeluarkan aroma tak sedap yang diilustrasikan dengan warna hijau.

Sebagaimana diketahui, Rafflesia Arnoldii atau bunga bangkai merupakan bunga khas Indonesia. Hari ini, Selasa (9/1/2018) menandai hari jadi jadinya yang ke-25 setelah Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai Bunga Nasional pada 1993.

Penetapan itu sendiri didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional yang pada saat itu ditandatangani oleh Presiden Soeharto. Tak hanya Rafflesia Arnoldii, bunga Melati dan Anggrek juga dinobatkan sebagai Bunga Nasional.

Rafflesia Arnoldii yang ditetapkan sebagau Puspa Langka, memang mengeluarkan bau yang tak sedap sehingga disebut bunga bangkai. Ukurannya terbilang besar dibanding bunga lain, dengan kelopak berwarna merah berbintik putih.

Bunga bangkai itu bahkan mampu tumbuh hingga sekira 1 meter hanya dalam kurun waktu beberapa hari. Bentuknya yang khas menginspirasi masyarakat untuk menjadikannya motif kain batik.

Meski menjadi bunga terbesar di dunia, Anda tak bisa dengan mudah menemukan Rafflesia Arnoldi. Di Indonesia, bunga tersebut seringkali ditemukan di wilayah Bengkulu. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini