Kunci Rumah Diciptakan 6.000 Tahun Lalu Berasal dari Simpul Tali

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018, 19:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 09 56 1842534 kunci-rumah-diciptakan-6-000-tahun-lalu-berasal-dari-simpul-tali-yCiNX39w4k.jpg Ilustrasi kunci rumah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pada zaman dahulu, kunci rumah hanya berupa simpul sederhana yang terbuat dari tali atau bahan lainnya (hanya digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang mencoba membukanya). Seiring perkembangan teknologi, kunci terbuat dari kayu dan logam mulai digunakan di seluruh dunia.

Sejarawan tidak yakin peradaban kuno mana yang pertama menciptakan kunci mekanis, namun banyak yang percaya bahwa orang Mesir, Yunani, dan Romawi mengembangkannya sendiri-sendiri secara independen.

Sejak 6.000 tahun lalu, sejarah kunci mekanis dimulai di Mesir Kuno. Saat itu, para tukang kunci pertama kali berhasil menciptakan kunci tumbler pin sederhana dan efektif yang seluruhnya terbuat dari kayu. Kunci tersebut terdiri dari tiang kayu yang ditempelkan di pintu, dan sebuah baut horizontal.

Selama 1.000 tahun pertama sebelum Masehi, kunci dengan desain dan teknologi yang telah berkembang diperkenalkan oleh orang Yunani dan Romawi. Pada saat itu kunci Yunani dianggap tidak aman, tapi kunci tersebut memberi inspirasi kepada para penemu Romawi yang dengan cepat berhasil mengembangkan kunci Yunani dan Mesir.

Baca juga: Menilik Perkembangan Mesin Fotokopi yang Diciptakan Sejak 1937

Orang Romawi menciptakan kunci dengan bahan utama logam. Kunci besi tersebut merupakan inovasi pertama kunci dengan ukuran kecil yang bisa disimpan di saku, sebagai liontin, atau dimasukkan dalam cincin.

Setelah jatuhnya Kekaisaran Romawi di abad pertama Masehi, perkembangan inovasi kunci terhambat. Tukang kunci di zaman kegelapan dan menengah Eropa tidak memiliki teknologi atau dana untuk menciptakan teknik keamanan baru, tapi mereka memanfaatkan waktu untuk mencoba membingungkan atau mempersulit pencuri kunci dengan taktik lain.

Baca juga: Sejarah Cermin yang Muncul 8.000 Tahun Silam

Bukan lagi sebuah kunci sederhana, mereka menciptakan banyak kunci dengan desain yang semakin rumit. Mereka menciptakan lubang kunci dengan ornamen yang rinci, lubang kunci palsu, dan lainnya.

Selama periode abad ke-18 dan ke-19, yang merupakan permulaan Revolusi Industri, banyak perkembangan teknis dibuat dalam mekanisme kunci. Hak cipta pertama untuk kunci tumbler pin ganda adalah Abraham O.Stanbury, seorang dokter Amerika pada 1805. versi modern yang masih digunakan hingga sekarang adalah yang diciptakan oleh Linus Yale, Sr. pada 1848.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini