Karyawan Perakit iPhone Bunuh Diri, Ada Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 15:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 207 1842934 karyawan-perakit-iphone-bunuh-diri-ada-apa-QDlGhz2XzT.jpg (Foto: Reuters)

BEIJING – Karyawan Foxconn – perusahaan perakit iPhone mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Ia melakukan aksinya di salah satu fasilitas Foxconn di Zhengzhou, China.

China Labor Watch yang melaporkan kasus bunuh diri di pabrik Foxconn - mitra Apple, belum lama ini. Karyawan bernama Ming Li memutuskan untuk bunuh diri di perusahaan tempatnya bekerja tersebut dalam usia 31 tahun.

Ming Li merupakan seorang karyawan yang tinggal di asrama Foxconn. Ia dilaporkan melompat dari jendela hingga akhirnya meninggal dunia.

Baca: Siswa Magang Dipaksa 'Kerja Rodi' Demi iPhone X, Benarkah?

Sejauh ini, belum diketahui apa hal yang menyebabkan pria tersebut memilih bunuh diri. Ming Li sendiri tercatat baru dua bulan bekerja dengan Foxconn dalam merakit iPhone.

Sementara itu, pihak Foxconn belum memberikan komentar terkait karyawannya yang bunuh diri tersebut.

Insiden karyawan Foxconn yang bunuh diri memang bukan kali pertama ini terjadi. Beberapa kasus juga muncul ke publik, sehingga menambah deretan insiden karyawan Foxconn yang bunuh diri.

Kasus pertama muncul pada 2009 dimana seorang karyawan berusia 25 tahun melompat dari gedung apartemennya. Hasil investigasi menunjukkan bahwa ia kehilangan prototipe iPhone yang disalahgunakan oleh penjaga Foxconn.

Setahun kemudian tepatnya pada 2010, kasus bunuh diri karyawan Foxconn bertambah banyak. Betapa tidak, sekira 14 karyawan melompat dari pabrik Foxconn hingga mereka meninggal dunia di Shenzhen.

Foxconn kemudian mengantisipasi hal tersebutdi tahun selanjutnya dengan memasang jaring di area fasilitasnya. Namun hal tersebut rupanya tak cukup membantu meminimalisir kasus karyawan yang memilih bunuh diri.

Empat karyawan Foxconn dilaporkan meninggal dunia setelah bunuh diri, menyusul rekan mereka sebelumnya.

Baca juga: Apple Geram Foxconn Pekerjakan Anak Magang untuk Rakit iPhone X

Mencuat kabar bahwa Foxconn memberlakukan sistem kerja yang sangat berat kepada karyawan. Bahkan hal itu juga dialami oleh peserta magang, dimana mereka turut lembur demi merakit iPhone.

Kabar ini juga membuat Apple geram hingga raksasa teknologi itu kabarnya menegur Foxconn. Sementara itu, Foxconn membantah tudingan tersebut dimana perusahaan menyebut bahwa peserta magang itu melakukannya dengan sukarela. Demikian seperti dilansir Wccftech, Rabu (10/1/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini