Magnavox Odyssey, Konsol Game Pertama di Dunia Sejak 1972

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018, 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 10 326 1842975 magnavox-odyssey-konsol-game-pertama-di-dunia-sejak-1972-wRCZIbctc4.jpg (Foto: Digital Spy)

JAKARTA - Bila Anda pecinta game yang pernah memainkan game-game klasik di konsol game Sega atau Nintendo, ketahuilah bahwa ada konsol game yang jauh lebih tua. Bila Sega Genesis dirilis pada 1988, maka Magnavox Odyssey pernah diperkenalkan pada 1972.

Website Informit mengungkapkan sejarah konsol game dan menjelaskan bahwa Magnavox Odyssey merupakan salah satu konsol game tertua yang pernah ada di era 1970-an. Konsol game rumahan pertama yang dibanderol USD100 ini menampilkan grafis hitam dan putih.

Perangkat ini sudah mengandalkan layar televisi dan bisa dimainkan secara multiplayer dengan controller. Wikipedia menerangkan, Magnavox Odyssey dikembangkan oleh tim kecil yang dipimpin Ralph H. Baer di Sanders Associates.

Baca juga: Duh! Penjualan Konsol Game Anjlok, Ini Alasannya...

Konsol game hiburan ini dirilis oleh Magnavox di Amerika Serikat pada September 1972 dan diluncurkan di luar negeri pada tahun berikutnya. Konsol game Odyssey terdiri dari kotak berwarna putih, hitam dan cokelat yang terhubung ke televisi dan memiliki dua perangkat controller dengan kabel.

Perangkat mampu menampilkan tiga titik persegi pada layar dalam warna hitam dan putih monokrom, dengan perilaku yang berbeda untuk titik-titik tergantung pada permainan yang dimainkan, dan tanpa kemampuan suara.

Baca juga: Atari Siapkan Konsol Baru Penantang Nintendo?

Gamer harus menempatkan lapisan plastik di layar untuk membuat visual. Selain itu, gamer harus mengendalikan titik-titik mereka dengan tiga tombol dan satu tombol pada pengontrol sesuai dengan aturan yang diberikan untuk permainan.

Kabarnya, konsol Odyssey dikemas dilengkapi dengan dadu, uang kertas, dan perlengkapan permainan papan lainnya untuk disesuaikan dengan permainan. Ada pula controller lainnya, yakni senapan video game pertama yang dijual terpisah.

Konsol game ini tidak meraih kesuksesan yang langgeng. Odyssey dinilai tidak terlalu menantang dan perangkat hanya bisa dipakai dengan satu set televisi brand Magnavox.

Konsol game ini hanya terjual 200 ribu unit dalam waktu tiga tahun.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini