Project Linda, Laptop Besutan Razer Bisa Terhubung dengan Smartphone di CES 2018

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 10 Januari 2018 14:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 10 57 1842883 project-linda-laptop-besutan-razer-bisa-terhubung-dengan-smartphone-di-ces-2018-WAhbdNASqU.jpg (Foto: CNet)

JAKARTA – Razer menampilkan prototipe laptop yang ikombinasikan dengan smartphone sebagai trackpad-nya. Perangkat tersebut dipamerkan Razer dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018.

Disebut Project Linda, laptop ini merupakan Razer Blade Stealth yang dimodifikasi dengan lebih baik dan menjadi dock untuk smartphone Razer. Laptop itu tak dilengkapi dengan tombol power, dan mengandalkan smartphone untuk mengoperasikanya. Begitu pula dengan speaker yang hanya mengandalkan bawaan smartphone Razer.

Beberapa tombol juga disesuaikan dengan smartphone dimana ada tombol home, back dan multitasking ala Android. Ada juga tombol khusus untuk asistan digital, dalam hal ini Google Assistant.

Baca: CEO Razer Beri Keyboard Game untuk Anak Korban Pencurian

Konsep ini hampir sama dengan Samsung DeX, Microsoft Continuum, dan Motorola Atrix dimana Anda memilki kemampuan untuk melihat dan mengoperasikan smarthone rasa laptop atau komputer. Lantas bagaimana menggunakan Project Linda?

Untuk menghubungakan smartphone Razer dengan Project Linda, Anda hanya perlu meletakkan smartphone pada slot yang tersedia, dimana posisinya ditempatkan di trackpad laptop. Tekan tombol yang akan membuat USB type-C terhubung ke smartphone, sehingga mengunci ponsel Razer itu tetap dalam posisinya.

Sebagian besar aplikasi berjalan layaknya tablet Android. Sejauh ini, layar laptop itu menampilkan tampilan dari smartphone. Razer mengharapkan mampu mendukung dua tampilan baik dari laptop mamupun smartphone dalam satu layar di masa mendatang.

Ini merupakan langkah yang terbilang strategis dimana Razer turut mendorong penjualan perangkatnya dalam satu strategi. Tak hanya itu, melalui Project Linda, Razer turut meningkatkan kemampuan smartphone-nya baik untuk produktivitas maupun untuk bermain game.

Razer memang dikenal kerap mengenalkan teknologi baru dalam ajang CES, setiap tahunnya. Smartphone-nya sendiri belum lama ini diluncurkan perusahaan, sehingga kehadiran perangkat laptopnya ini akan mendorong penjualan Razer Phone.

Manajer Marketing Razer, Kevin Sather mengatakan kedua perangkat itu tidak sepenuhnya dirancang secara paraleldan ada celah diantara perangkat.

Laptop itu sendiri memiliki sepasang port USB, dimana salah satunya merupakan USB-C untuk menghubungkan aksesori lain seperti mouse. Ada juga hack audio 3.5mm yang tidak dimiliki oleh Razer Phone.

Baca juga: Saingi Huawei Mate 10, Razer Bikin Ponsel Khusus Main Game

Perangkat prototipe itu juga memiliki media penyimpanan hingga 200GB dan sokongan baterai 53,6Wh. Baterai tersebut diklaim mampu mengisi ulang daya smartphone sampai penuh hingga tiga kali.

Belum jelas kapan Razer akan meluncurkan perangkatnya itu. Kehadiran perangkat itu sendiri di CES, bertujuan untuk memperoleh tanggapan dari berbagai pengguna demi mengembangkan Project Linda lebih lanjut. Demikian seperti dilansir The Verge, Rabu (10/1/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini