5 Smartphone yang Pernah Meledak, Nomor 3 Bikin Heboh

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 10:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 57 1843325 5-smartphone-yang-pernah-meledak-nomor-3-bikin-heboh-xDqoErhZ0s.jpg (Foto: 9to5google)

JAKARTA – Smartphone yang dipasarkan perusahaan memang tak jarang mengalami kendala teknis. Vendor smartphone sekelas Samsung pun sempat menghadapi masalah yang sama hingga handset-nya meledak di berbagai negara.

Tak hanya Samsung, beberapa vendor seperti Xiaomi dan OnePlus pun pernah mengalami hal yang sama ketika smartphone-nya dipasarkan ke konsumen.

Masalah itu memang membuat perusahaan ketar-ketir. Namun tampaknya hal itu juga masih menjadi masalah yang patut diperhatikan vendor smartphone hingga saat ini.

Lantas apa saja smartphone yang pernah meledak? Berikut Okezone rangkum, 5 smartphone yang pernah meledak.

iPhone 6S Plus

Terbaru, smartphone yang meledak melanda iPhone. Insiden ini terjadi di Apple Store Zurich, Swiss. Sebelumnya tak terungkap baterai iPhone mana yang mengalami ledakan.

Kini diketahui bahwa smartphone itu merupakan iPhone 6S Plus. Insiden tersebut juga mengakibatkan 50 pelanggan dan staf Apple Store dievakuasi oleh kepolisian setempat.

Tujuh orang bahkan mengalami luka bakar dan mendapatkan perawatan medis. Penyebab meledaknya iPhone itu sendiri masih diidentifikasi ahli forensik.

Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i dilaporkan meledak dan terbakar secara tiba-tiba di sebuah kantor di India. Dilaporkan bahwa smartphone itu meledak bahkan saat beroparasi dengan normal.

Untungnya, pengguna yang berada pria yang berada di dekat smartphone Xiaomi Mi 4i itu segera menyadari percikan api yang keluar dari ponsel, hingga kemudian ia bergegas menjauhi handset Xiaomi tersebut.

 

Galaxy Note 7

Galaxy Note 7 yang meledak sepertinya menjadi insiden yang terus teringat. Pasalnya, smartphone itu merupakan flagship Samsung yang selayaknya dirancang dengan handal.

Galaxy Note 7 yang meledak terjadi pada Agustus 2016. Samsung menemukan bahwa elektroda negatif di sudut kanan atas baterai A bocor. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga menemukan bahwa ujung elektroda tersebut terletak pada kurva yang tidak tepat. Hal inilah yang membuat korsleting pada baterai.

Insiden ini bahkan membuat Samsung menarik kembali (recall) Galaxy Note 7 dari pasaran.

LG G3

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga pernah mengalami masalah dimana smartphone-nya meledak. LG G3 sempat meledak tiba-tiba ketika disimpan diatas kasur.

Smartphone LG yang meledak itu bahkan tak menunjukkan tanda-tanda akan meledak sebelumnya. Pengguna yang mengalami masalah ini kemudian melemparkan smartphone itu beserta kasurnya ke luar jendela.

HTC 10

Insiden meledaknya smartphone HTC 10 terjadi pada Juni 2017. Pengguna bernama Nindhi Kapoor yang mengalami insiden itu bahkan mendapati luka bakar di tangan hingga infeksi mata.

Smartphone itu sendiri tengah di-charge hingga kemudian melada secara tiba-tiba. Diketahui, smartphone yang meledak itu sendiri baru dibeli Nindhi Kapoor selama seminggu sebelumnya. (lnm).

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini