Timbul Masalah, Xiaomi Tarik Android Oreo untuk Mi A1

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 14 Januari 2018, 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 14 57 1844689 timbul-masalah-xiaomi-tarik-android-oreo-untuk-mi-a1-EPB0vPLcHz.jpg (Foto: Gsmarena)

JAKARTA - Akhir 2017, Xiaomi mengeluarkan pembaruan Android 8.0 Oreo untuk para pengguna Mi A1. Hanya saja, Xiaomi terlalu dini memberikan pembaruan itu sehingga harus segera menariknya baru-baru ini.

Seperti diberitakan laman Phone Arena, pengguna Mi A1 melaporkan terdapat masalah di kamera, panggilan, aplikasi hingga sensor pemindai sidik jari setelah mereka memperbarui sistem operasi ke Android Oreo.

Paling mengganggu, mereka kesulitan melakukan panggilan karena aplikasi tidak dapat dibuka atau terjadi sedikit jeda saat menelefon.

Xiaomi menarik pembaruan ke Oreo sampai JIO, perusahaan yang membuat aplikasi untuk menelefon, mengatasi bug.

Selain itu, bug di pembaruan ini juga berpengaruh ke performa baterai Mi A1 Pengguna melaporkan baterai cepat habis saat Bluetooth aktif.

Baca juga: Xiaomi Mi A1 Kini Bisa Update Android Oreo

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, Xiaomi Mi A1 mendapatkan update Android Oreo 8.0. Perusahaan memulai untuk menggulirkan update sistem operasi terbaru Android itu sesuai dengan janji perusahaan sebelumnya.

Sebagaimana tercantum dalam MIUI Forum Xiaomi, pengguna diharuskan menginstal software versi 7.12.19 (Android Nougat) pada Mi A1 untuk menerima update OTA ke Android Oreo. Update berukuran 1107.4MB tersebut hadir dengan sederet fitur baru serta mencakup patch keamanan Android.

Update Oreo untuk Mi A1 membawa beberapa fitur seperti mode Picture-in-Picture, dot notifikasi baru, smart text selection hingga fast charging. Selain itu, Anda juga akan mendapati ikon aplikasi yang adaptuf.

Xiaomi Mi A1 merupakan salah satu smartphone yang termasuk cepat dalam menerima update OS. Mi A1 bahkan menjadi perangkat pertama yang mendapat update Oreo ketimbang seri Mi lainnya.

Baca juga: Menjajal Efek Bokeh Kamera Ganda Xiaomi Mi A1

Untuk spesifikasi, Mi A1 punya kamera belakang masing-masing memiliki ketajaman 12 megapiksel (26 mm, f/2.2; 50 mm f/2.6), dengan tambahan dual LED flash. Kemudian di bagian depan, tampak kamera selfie berketajaman 5 megapiksel.

Di dapur pacu, Xiaomi menggunakan SoC Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2.0 GHz dan GPU Adreno 506. Sementara RAM-nya berkapasitas 4 GB dengan ruang penyimpanan 64 GB.

Layarnya seluas 5,5 inci dengan rasio screen-to-body 70,1%. Resolusinya full HD 1080 x 1920 dan telah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass 3. Xiaomi Mi A1 menjalankan Android 7.1.2 yang ditopang baterai berkapasitas 3.080 mAh.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini