Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih Rahasia Google Maps yang Sajikan Info Lalu Lintas Real Time

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 12:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 15 207 1845041 nih-rahasia-google-maps-yang-sajikan-info-lalu-lintas-real-time-NHDVPb7EQC.jpg (Foto: Android Authority)

MOUNTAIN VIEW – Aplikasi Maps kini selalu menjadi andalan banyak pengguna smartphone. Aplikasi yang kini bernaung di Google tersebut dapat menjadi petunjuk arah bagi pengguna ke berbagai lokasi.

Fitur itu sendiri terus dikembangkan Google agar semakin membantu dan memanjakan penggunanya. Dengan mudahnya, Anda akan mendapatkan petunjuk arah dari Maps ketika Anda menginput sebuah lokasi.

Tak hanya menunjukkan arah, Maps mampu mengetahui dan menginformasikan seberapa jauh jarak yang akan Anda tempuh. Maps juga akan memberikan jalur alternatif jika jalur yang sebelumnya ditunjukkan tengah padat atau Anda memilih opsi lain.

Baca: 5 Aplikasi Peta Selain Google Maps, Nomor 3 Paling Populer

Lantas bagaimana cara kerja Maps hingga mampu melakukan hal tersebut?

Sejak 2011, Google telah menggunakan algoritma rute atau jalur yang memiliki pengetahuan tentang lalu lintas terbaru dan historis, untuk memilih rute tercepat dan akan mengarahkan Anda menjelajah jalan raya.

Informasi kecepatan lalu lintas yang cukup akurat juga disajikan oleh Maps. Hal itu dihitung dengan menggunakan data yang dikumpulkan Google dari pengguna Google Maps Navigation, sebagaimana Okezone rangkum dari Manchester Evening News, Senin (15/1/2018).

Google mampu melakukannya karena semua iPhone, Android, dan smartphone lainnya memiliki layanan Location yang diaktifkan untuk mengirimkan data anonim ke Google. Artinya, setiap pengguna yang memakai Maps secara langsung mengirimkan data untuk Google.

Selain lokasi, Maps juga memantau kecepatan pengguna dalam berkendara. Data itu kemudian disatukan dan dikirim kembali kepada pengguna. Semakin banyak pengguna yang memakai Maps, maka semakin banyak dan akurat pula data yang disajikan aplikasi navigasi tersebut.

Baca juga: Ketimbang Apple Maps, Google Maps Diklaim Lebih Akurat

Dari data tersebut, Google Maps juga mampu menyajikan kepadatan di berbagai wilayah dan tertera dalam tampilan aplikasinya. Sebagimana diketahui, lokasi atau jalur yang padat biasanya akan ditunjukkan dengan garis berwarna merah, atau kuning dengan kepadatan yang sedang.

Informaisi lalu lintas di Maps sendiri kini telah tersedia di lebih dari 60 negara di dunia. Google juga terus berupaya meningkatkan kelengkapan fiturnya dengan membawa aplikasinya ke berbagai negara demi membuat data Maps lebih akurat. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini