BlackBerry Jarvis, Software Keamanan untuk Mobil Pintar

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 207 1845701 blackberry-jarvis-software-keamanan-untuk-mobil-pintar-cXXxLoHm5G.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - BlackBerry baru-baru ini mengumumkan Jarvis. Jarvis merupakan software keamanan cyber untuk menghentikan hacker membajak mobil pintar atau mobil yang dapat mengemudi sendiri (self-driving).

Dilansir Dailymail, Selasa (16/1/2018), Blackberry Jarvis telah dipasarkan pertama untuk pembuat mobil. BlackBerry mengungkapkan bahwa ia menguji Jarvis dengan unit Jaguar Land Rover milik Tata Motors.

Dengan Jarvis, software diklaim bisa mengidentifikasi kerentanan dalam program yang digunakan untuk mengendarai mobil self-driving. BlackBerry menawarkan Jarvis dengan metode pay-as-you-go.

Setelah diinisiasi, pembuat mobil akan memiliki akses online ke Jarvis dan dapat memindai file pada setiap tahap pengembangan perangkat lunak.

Baca juga: BlackBerry Bayar Denda Rp1,8 Triliun ke Nokia, Ada Apa?

Tahun lalu, serangan global ransomware yang dinamakan WannaCry membantu meningkatan kesadaran akan bisnis perangkat lunak keamanan BlackBerry, yang sebagian besar berfokus untuk mengelola koneksi aman ke perangkat mobile.

Baca juga: WhatsApp: Selamat Tinggal Blackberry dan Windows

BlackBerry pada September mengumumkan akan bermitra dengan pemasok otomotif Delphi Automotive Plc pada sistem operasi perangkat lunak untuk mengendarai mobil sendiri.

Awal bulan ini, perusahaan pencari BlackBerry dan China Baidu Inc menandatangani kesepakatan untuk bersama-sama mengembangkan teknologi kendaraan self-driving vehicle.

BlackBerry juga baru saja menandatangani kesepakatan terkait otomotif dengan Qualcomm produsen chip, pemasok mobil Denso dan Ford Motor Co.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini