nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi Google Arts & Culture Pajang Foto Anda dalam Lukisan Mewah

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 18:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 16 207 1845890 aplikasi-google-arts-culture-pajang-foto-anda-dalam-lukisan-mewah-rkHqF0FOJS.jpg (Foto: Twitter)

MOUNTAIN VIEW Google memperbarui aplikasi Arts & Culture besutannya. Update aplikasi itu pada akhirnya akan membuat wajah Anda bersanding dengan tokoh dalam sebuah lukisan karya pelukis ternama.

Aplikasi serupa memang banyak bermunculan sebelumnya. Menariknya, aplikasi Google Arts & Culture memiliki sejumlah karya seni dari berbagai museum di seluruh dunia.

Fitur ini telah diluncurkan Google dalam aplikasinya versi iOS dan Android bulan lalu. Rupanya fitur dalam aplikasi Google Arts & Culture tak hanya diminati pengguna namun juga orang sekelas Jack Dorsey – pendiri Twitter, musisi Pete Wentz, hingga aktor Felicia Day dan Kumail Nanjiani.

Baca: Google Akuisisi Redux, Startup Pengembang Audio

Mereka juga membagikan hasil foto dengan fitur tersebut dalam news feed mereka.

Aplikasi Google Arts & Culture bahkan menjadi aplikasi teratas untuk iPhone selama akhir pekan. Di Android pun, aplikasi Google itu menduduki peringkat 10 besar, sebagaimana dikutip perusahaan analis App Annie.

Lantas bagaimana menggunakan fitur tersebut?

Caranya, buka aplikasi Google Arts & Culture dan gulirkan tampilannya hingga Anda menemukan fitur “Apakah potret Anda ada di museum?”. Ketuk “mulai” dan Anda akan digiring untuk memproses foto Anda.

Sayangnya fitur tersebut untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat (AS) saja. Google mengatakan bahwa fitur eksperimentalnya itu menggunakan teknologi computer vision untuk memindai wajah pengguna dan mengekstrak data agar sesuai dengan lukisan.

Google juga mengungkapkan pihaknya tak akan menggunakan data dari foto pengguna untuk tujuan lain, selain mencocokkannya dengan gambar yang dalam katalognya. “Ini hanya menyimpan selfie untuk waktu yang dibutuhkan untuk menemukan kecocokan,” ujar Google.

Baca juga: Mantan Karyawan Google Gugat Perusahaan, Ada Apa?

Fitur yang akan membuat foto pengguna menjadi unik ini amat mirip dengan aplikasi lain yang menggunakan teknologi pencocokkan. Aplikasi Microsoft What Dog misalnya mampu mengidentifikasi dan mengklasifikasikan anjing berdasarkan foto yang diunggah ke aplikasi.

Google Arts & Culture sendiri merupakan aplikasi bagian dari Google Cultural Institute, yang memberikan informasi terkait artis, ilmuwan, hingga tokoh sejarah dari 1.000 institusi di seluruh dunia. Demikian seperti dilansir CNN, Selasa (16/1/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini