nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Smartphone 5G Siap Meluncur Akhir 2018

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 12:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 16 57 1845617 smartphone-5g-siap-meluncur-akhir-2018-TLVdMvmRQW.jpg (Foto: Android Authority)

BEIJING – ZTE dikabarkan sedang merancang smartphone berteknologi 5G. Tanpa menunggu lama, vendor smartphone China itu hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk mempersiapkan smartphone 5G-nya.

Hal ini diungkap oleh Lixin Cheng, chief executive officer bisnis perangkat mobile ZTE yang dikutip Bloomberg.

Menurut Cheng, smartphone 5G tersebut akan diperkenalkan di Amerika Serikat (AS) pada akhir 2018 atau awal 2019. Rencana tersebut bisa berubah didasarkan pada ketersediaan jaringan 5G dan pasokan chipset yang diperlukan untuk smartphone masa depan ZTE.

Baca: Jaringan 5G Mulai Digunakan di 2018

Tak hanya smartphone, Cheng juga menyatakan adanya kemungkinan perusahaan untuk merancang tablet atau hub internet wireles berteknologi 5G.

Konektivitas 5G memang telah lama diperbincangkan bahkan dikembangkan oleh banyak perusahaan teknologi. Seiring waktu, teknologi jaringan tersebut bahkan semakin dekat untuk diadopsi.

AT&T belum lama ini mengatakan pihaknya merencanakan layanan seluler 5G di sekira 12 kota pada tahuh ini. Sayangnya operator ternama AS itu tak menyebut rinciannya.

Qualcomm juga telah mendiskusikan chip baru yang akan dipasarkan dan memungkinkan konektivitas 5G. Hal ini semakin mendorong vendor smartphone untuk turut menempuh hal yang sama dalam produknya.

Keberhasilan ZTE untuk menghadirkan smartphone 5G akan semakin menyaingi Apple dan Samsung. Jika ZTE benar-benar mampu menyediakannya pada awal 2019, maka perusahaan asal China tersebut akan selangkah di depan ketimbang Apple dan Samsung.

Apple sendiri belum mengungkap kapan perusahaannya akan menghadirkan handset 5G. Meski begitu, raksasa teknologi ini telah mendapatkan izin dari pemerintah AS untuk menguji jaringan 5G.

Baca juga: Luar Biasa! Uji Jaringan 5G Tembus Kecepatan Download 2,8 Gbps

Artinya, Apple juga memiliki rencana unutk iPhone yang akan memiliki onektivitas 5G.

Sementara Samsung mengumumkan kemitraannya dengan Verizon Wireless bulan ini untuk membawa jaringan 5G ke rumah masyarakat, di beberapa wilayah di California. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Selasa (16/1/2018). (lnm).

(kem)

Berita Terkait

Smartphone

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini