Sebelum Lahir, Manusia Alami Tiga Fase dalam Rahim Ibu

Kamis 18 Januari 2018 06:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 17 56 1846587 sebelum-lahir-manusia-alami-tiga-fase-dalam-rahim-ibu-qOthIfKPsO.jpg (Foto: Pbs.org)

JAKARTA - Janin yang tumbuh di dalam rahim ibu melewati tiga fase atau tahapan. Buku Basic Human Embriology yang menjadi buku panduan bidang embriologi menjelaskan bahwa kehidupan dalam rahim memiliki tiga fase.

Fase tersebut yakni pre-embrionik, embrionik, dan janin. Fase Pre-embrionik merupakan fase pertama saat zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel hingga terbentuk segumpal sel yang akan membenamkan diri pada dinding rahim.

Seiring pertumbuhannya yang membesar, sel-sel penyusun zigot akan mengatur dirinya sendiri untuk membentuk tiga lapisan. Fase ini akan berproses saat umur janin mencapai dua setengah minggu pertama.

Sedangkan fase embrionik, merupakan fase di mana bayi disebut sebagai embrio. Organ dan sistem tubuh bayi akan mulai terbentuk dari lapisan-lapisan sel embrio.

Kemudian fase fetus, yang dimulai pada minggu kedelapan hingga bayi dalam kandungan lahir ke dunia. Dalam fase ini bayi disebut dengan fetus. Fase ini ditandai dengan fetus yang menyerupai manusia, mulai dari wajah tangan dan kakinya.

Semua organ dari fetus ini juga mulai tampak setelah berproses selama kurang lebih 30 minggu, meskipun awalnya hanya berukuran 3 centimeter.

Baca juga: Manusia Diciptakan dari Alaq Dijelaskan dalam Alquran dan Sains

Bayi tumbuh dalam kandungan selama kurang lebih 9 bulan. Lahirnya generasi baru manusia melalui proses yang begitu panjang.

Ilmu pengetahuan saat ini mengungkap tiga fase yang dialami manusia sebelum lahir di dunia. Rupanya, Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu telah mengungkap hal tersebut.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Manusia Bukan Keturunan Kera

Alquran telah menyiratkan mengenai hal ini jauh sebelum manusia menemukan teknologi untuk meneliti fase bayi dalam kandungan.

"Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?," Surah Az-Zumar Ayat 6.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini