Smartwatch Pertama di Dunia Telah Ada Sejak 1999, Seperti Apa?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 17 Januari 2018 19:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 17 57 1846431 smartwatch-pertama-di-dunia-telah-ada-sejak-1999-seperti-apa-i3J8IDFYPV.jpg (Foto: TechSpot)

JAKARTA - Sebelum istilah smartwatch populer seperti saat ini, dahulu rupanya sudah ada perangkat yang dikenakan di tangan pengguna. Diperkenalkan pada 1999, perangkat yang disebut watch phone itu diproduksi oleh Samsung.

Website Phonearena mengungkapkan, perangkat wearable ini dijuluki SPH-WP10 buatan Samsung. Perangkat tersebut terinspirasi dari gaya sci-fi yang ketika itu menjadi device terkecil dan teringan.

Terungkap bahwa SPH-WP10 memiliki berat 50 gram dengan ketebalan 2 centimeter. SPH-WP10 mengombinasikan fungsionalitas dari jam tangan elektronik dengan handset seluler.

Soal ketahanan baterai, kabarnya perangkat lawas ini bisa dipakai untuk percakapan telefon hingga 90 menit. Perangkat wearable itu memiliki layar LCD monokrom yang menyala dan tombol fisik untuk navigasi melalui menu.

Baca juga: Jerman Larang Anak-Anak Gunakan Smartwatch, Ada Apa?

Seseorang bisa menghubungi kontak tertentu dengan menggunakan perintah suara. Memanggil nomor atau memasukkan teks dianggap sebagai tugas frustasi karena perangkat tidak memiliki keyboard yang tepat.

Baca juga: Mengintip Fitur-Fitur Canggih pada Smartwatch

Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube, terlihat bahwa watch phone ini memiliki beberapa tombol untuk navigasi di bagian bawah layar, speaker di bagian kanan, dan tombol-tombol di bagian sisi kiri.

Perusahaan tampaknya memiliki harapan tinggi untuk menyasar pengguna anak muda, meskipun demikian perangkat tidak menelurkan seri berikutnya. Hal ini mungkin dikarenakan penampilannya yang aneh dan kontrol yang sedikit menyulitkan pengguna.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini