nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih Alasan Pertumbuhan Rambut Orang Berbeda

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 09:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 18 56 1847139 nih-alasan-pertumbuhan-rambut-orang-berbeda-rO13Wr4X99.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rata-rata pertumbuhan rambut manusia seringkali dinyatakan 15 sentimeter per tahun. Namun, sejumlah penelitian mengungkap bahwa pertumbuhan rambut dipengaruhi perbedaan ras gen manusia.

Pertumbuhan rambut manusia dapat berbeda-beda, tergantung dengan gen rasnya. Misalnya, rambut Kaukasia berbeda dari rambut Asia dan Afrika dalam beberapa hal, seperti kepadatan (seberapa dekat helai rambut) dan sudut pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian pada 2005 di International Journal of Dermatology juga menemukan perbedaan pertumbuhan rambut pada para peserta dengan gen ras berbeda. Misalnya, rambut Asia tumbuh paling cepat, sementara rambut Afrika tumbuh paling lambat.

Baca juga: Alasan Pembuluh Darah Tampak Berwarna Biru

Rata-rata tingkat pertumbuhan rambut peserta wanita Asia mencapai hampir 15 sentimeter per tahun, secara komparatif rambut peserta wanita Afrika tumbuh 10 sentimeter per tahun, sedangkan rambut peserta wanita Kaukasia 13 sentimeter per tahun. Tingkat pertumbuhan rambut peserta laki-laki tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang wanita.

Para peneliti juga berpikir bahwa rambut tumbuh lebih cepat di musim panas karena perubahan pola makan, seperti makan lebih banyak buah dan sayuran. Selain itu, pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh perubahan hormon dan peningkatan paparan radiasi UV.

Baca juga: Benarkah Tubuh Manusia Bisa Terbakar Sendiri?

Elizabeth Cunnane-Phillips, seorang ahli trichologi (ahli kulit rambut dan kulit kepala) di Philip Kingsley Clinic di New York, mengatakan kepada Huffington Post bahwa peningkatan pertumbuhan rambut secara musiman akan sangat marjinal karena tidak dapat terlihat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini