Kominfo Dorong RUU Perlindungan Data Pribadi Masuk Prolegnas 2018

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 19 Januari 2018 20:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 19 207 1847644 kominfo-dorong-ruu-perlindungan-data-pribadi-masuk-prolegnas-2018-LTvInetxCt.jpg Dirjen Aptika Semuel Abrijani (Foto: Lely M/okezone)

JAKARTA - Era digital membuat data pribadi pengguna dengan mudah diunggah ke internet. Tak ayal jika kekhawatiran pengguna atas data pribadinya disalahgunakan muncul di berbagai negara.

Sayangnya, hingga saat ini aturan terkait perlindungan data pribadi masih dalam tahap penggodokan bahkan secara global. Begitu pulah halnya dengan di Indonesia dimana aturan perlindungan data pribadi masih dalam rancangan pemerintah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merancang draft untuk aturan tersebut. Dalam praktiknya, Kominfo berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk merancang undang-undang perlindungan data pribadi di Indonesia.

Lantas sampai mana rancangan undang-undang tersebut? Dirjen Aplikasi dan Informatika, Semuel Abrijani, mengatakan, rancangan undang-undang perlindungan data pribadi selanjutnya akan menjadi inisiasi dari DPR.

"Sekarang diambil alih oleh DPR, akan menjadi inisiatifnya DPR," kata Semuel di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Sayangnya, undang-undang perlindungan data pribadi tersebut hanya menjadi cadangan dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2018. Meski begitu, dijelaskan Semmy, aturan itu akan diupayakan Kominfo agar menjadi prioritas Prolegnas 2018.

"Cadangan, kalau nggak salah belum utama. Kami akan upayakan permen perlindungan data pribadi untuk jadi prioritas (dalam Prolegnas 2018). Karena itu menjadi inisiatifnya DPR, nanti kita upayakan untuk dimasukkan jadi prioritas, karena memang tren di dunia sekarang ini lagi ke arah sana," papar pria yang akrab disapa Semmy itu.

Lebih lanjut Kominfo juga akan melakukan Rapat Dengar Pendapat bersama DPR awal pekan depan. Salah satu topik yang akan menjadi pembahasan dalam RDP tersebut terkait undang-undang data pribadi di Indonesia. (lnm)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini