5 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 10:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 22 207 1848583 5-aplikasi-edit-video-terbaik-untuk-android-qfGsXvdopI.jpg (Foto: Nomadicmatt)

JAKARTA – Era digital membuat banyak pengguna smartphone gemar mengabadikan momen mereka baik melalui foto maupun video. Momen tersebut kemudian diunggah ke berbagai media sosial, atau hanya dibagikan di kalangan keluarga saja.

Lain hal nya dengan foto yang bisa dengan mudah diunggah, sebuah video akan lebih menarik jika diedit terlebih dahulu dan menggabungkannya hingga menjadi konten yang bagus. Tak perlu khawatir, karena mengedit video pun kini dapat dilakukan melalui smartphone.

Ya, beragam aplikasi edit video kini banyak tersedia di toko aplikasi. Aplikasi tersebut hadir dengan serangkaian fitur yang mampu membuat video Anda lebih menarik. Apa saja aplikasi tersebut?

Berikut Okezone rangkum 5 aplikasi edit video terbaik untuk Android.

FilmoraGo

Aplikasi edit video Android ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan aplikasi untuk desktop. Anda hanya perlu memilih video maupun foto dari perangkat Anda kemudian Anda akan dibawa ke layar utama pengeditan video.

Keunggulan dari aplikasi ini yakni dukungan picture in picture yang memungkinkan Anda menambahkan foto maupun video dalam video utama. Tak hanya itu, aplikasi edit video terbaik ini juga menyediakan background unik agar video Anda makin menarik.

Transisinya juga tersedia dalam berbagai variasi. Anda bisa memilih transisi video manapun yang Anda inginkan.

Adobe Premiere Clip

Anda mungkin tak asing lagi dengan aplikasi besutan Adobe ini. Ya, aplikasi ini memang telah lama dikembangkan untuk desktop namun seiring waktu merambah versi mobile.

Aplikasi edit video terbaik ini mengharuskan Anda untuk daftar ke Adobe ID secara gratis. Kemudian Anda bisa mengakses laman edit video. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat video pengguna lain melalui aplikasi Adobe Premiere Clip.

Aplikasi ini sendiri tetap mengukuhkan dirinya sebagai aplikasi yang profesional. Artinya, Anda tak akan menemukan stiker atau animasi yang biasanya menempel di video. Sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan efek video lain yang tampak elegan.

Tampilan Adobe Premiere Clip juga hanya bisa dilihat dalam mode potrait, kecuali ketika Anda melihat hasil videonya. Meski begitu, tata letaknya telah disesuaikan sehingga tetap nyaman untuk digunakan dalam mengedit video.

VivaVideo

VivaVideo memungkinkan Anda mengedit video yang telah ada atau merekam video secara langsung melalui aplikasinya. Layaknya, Adobe Premiere Clip, aplikasi edit video terbaik ini juga bekerja dalam mode potrait.

VivaVideo memiliki berbagai tema yang dapat Anda gunakan untuk video Anda. Pilihan tema dalam aplikasi ini bahkan lebih banyak ketimbang di FilmoraGo.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan dtiker jika Anda ingin menambahkannya ke video Anda. Sayangnya aplikasi ini membubuhkan watermark dalam setiap video yang telah diedit.

KineMaster

Serupa dengan aplikasi sebelumnya, KineMaster juga memungkinkan Anda mengedit dan merekam video mellaui aplikasi. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan teks pada video yang Anda rekam.

Beberapa audio tersedia dalam aplikasi versi gratis, selebihnya bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi KineMaster berbayar. Aplikasi edit video terbaik ini juga mengizinkan Anda untuk menggunakan MP3 sebagai pelengkap video.

Movie Maker Filmmaker YouTube & Instagram

Aplikasi ini menharuskan Anda untuk membuat akun atau login menggunakan Facebook. Serupa dengan Adobe Premiere Clip, aplikasi edit video terbaik ini juga memungkinkan Anda membuat profil, mengikuti dan melihat pengguna lain dalam aplikasi.

Aplikasi ini berjalan dengan mode potrait. Video editan aplikasi ini akan tampil dalam format persegi sehingga cocok untuk diunggah ke Instagram, namun tak cocok dengan Facebook atau situs lainnya.

Meski tak memiliki pengaturan penyesuaianwarna, aplikasi ini memiliki filter yang cukup unik. Alhasil video Anda akan terlihat menarik, tentunya dengan audio yang tersedia dalam aplikasi. (lnm).

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini