nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nih Penyebab Warna Rambut Setiap Orang Berbeda ketika Dewasa

Qonita Chairunnisa, Jurnalis · Selasa 23 Januari 2018 09:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 22 56 1848726 nih-penyebab-warna-rambut-setiap-orang-berbeda-ketika-dewasa-pWY5rmNLBP.jpg Ilustrasi (Foto: Atozhairstyles)

JAKARTA - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa rambut Anda pada usia balita begitu berbeda dengan rambut yang Anda miliki pada usia 20? Bagi sebagian orang, rambut secara alami berubah warna menjadi lebih gelap selama masa kanak-kanak dan remaja, mengapa demikian?

Merupakan hal yang wajar bagi rambut kuning pucat yang berubah menjadi cokelat muda seiring bertambah dewasa. Semua itu, melibatkan jumlah melanin yang manusia miliki dan seberapa banyak atau seberapa sedikit.

Melanin adalah istilah umum untuk kelompok pigmen yang mengendalikan pewarnaan alami kulit rambut dan mata manusia.

Ada dua jenis melanin spesifik yang bersama-sama menentukan warna rambut alami manusia, yakni eumelanin dan pheomelanin. Eumelanin bertanggung jawab atas seberapa gelap rambut Anda, yang berarti bahwa orang-orang yang memiliki banyak Eumelanin cenderung memiliki rambut cokelat gelap atau hitam.

Baca juga: Mengapa Awan Terlihat Berwarna Putih?

Di sisi lain, Pheomelanin mempengaruhi ‘kehangatan’ warna rambut Anda. Oleh karena itu, orang yang berambut merah memiliki lebih banyak pheomelanin dari pada yang berambut kehitaman atau keabuan.

Setiap orang memiliki jumlah total melanin dan rasio antara eumelanin dan pheomelanin yang berbeda, serta sepenuhnya ditentukan oleh gen masing-masing. Terdapat beberapa gen yang terlibat dalam produksi melanin untuk mempengaruhi warna rambut manusia.

Gen-gen ini aktif dan nonaktif pada waktu-waktu yang berbeda di hidup manusia. Oleh karena itu, rambut manusia berubah warna seiring bertambah usia.

Biasanya, rambut manusia akan menjadi lebih gelap karena produksi eumelanin meningkat seiring bertambahnya usia (sampai tahap abu-abu). Terdapat pula beberapa gen yang baru aktif ketika dipicu oleh hormon yang pertama kali muncul saat pubertas sehingga manusia baru menunjukkan warna rambut alami yang sebenarnya ketika remaja.

Baca juga: Alasan Pembuluh Darah Tampak Berwarna Biru

Rambut bukanlah satu-satunya fitur yang secara alami berubah warna seiring bertambahnya usia, bagi 10%-15% orang, warna mata manusia juga dapat berubah. Demikian dilansir dari IFL Science, Selasa (23/01/2018).

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini