5 Game Terlarang di Berbagai Negara, Nomor 4 Paling Ekstrem

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 10:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 23 326 1849225 5-game-terlarang-di-berbagai-negara-nomor-4-paling-ekstrem-eZ886B2kAw.jpg (Foto: Origin)

JAKARTA – Game turut berkembang seiring perkembangan zaman yang semakin digital. Berbagai konsep dikembangkan developer demi memikat banyak pengguna atau gamer.

Konsep game yang belum pernah diusung developer lainpun dicoba agar menjadikan dirinya pioner. Sayangnya banyak developer yang mengembangkan game dengan konsep yang melanggar etika atau konsep lainnya yang terlarang.

Pada akhirnya game-game itu terlarang hingga diblokir di berbagai negara. Lantas apa saja game terlarang tersebut? Berikut Okezone rangkum 5 game terlarang di berbagai negara.

Battlefield 3

Battlefield 3 dilarang di Iran pada 2011. Hal ini disebabkan game Battlefield 3 menampilkan adegan dimana tentara Amerika Serikat (AS) mengepung Teheran dan Grand Bazaar.

Larangan itu juga membuat salinan dari game Battlefield 3 diburu di setiap toko dan dimusnahkan. Game terlarang ini dinilai membuat masyarakat Iran seolah takut di mata masyarakat internasional.

Publisher game itu sendiri yakni EA mengaku tak merilis secara resmi game-nya itu di Iran. Alhasil salinan game yang dimusnahkan merupakan bajakan.

Fight of God

Game ini diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Septermber 2017. Pasalnya game ini mengusung konsep pertarungan dengan karakter tuhan, nabi dan dewa.

Game terlarang ini dinilai berpotensi menimbulkan gesekan SARA. Kominfo juga menyebut game ini tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

Sebelumnya Kominfo meminta distributor channel untuk memblokir game ini di Indonesia. Akhirnya game ini terlarang dan tak bisa lagi diakses oleh pengguna di Tanah Air.

God of War 2

God of War menjadi salah satu game terlarang di Arab Saudi. Meski begitu, masih ada banyak pengguna yang mampu memainkan game terlarang ini berkat selundupan.

Kemungkinan game ini terlarang karena penggunaan nama Tuhan sebagai judul. Tak hanya itu, God of War 2 juga dinilai memiliki konten pornografi.

Sumber yang mengatakan kepada Kotaku menyebut game ini masih beredar di peritel setempat. Hal ini tak begitu diketahui regulator setempat karena menggunakan kemasan yang berbeda.

Manhunt 2

Manhunt 2 merupakan game terlarang di berbagai negara. Pasalnya game ini dinilai brutal dan kontroversial hingga memicu emosi pengguna.

Dalam game ini, pengguna berperan sebagai seorang psikopat yang harus membunuh orang-orang dengan berbagai cara. Game ini juga menampilkan tindakan yang dinilai sadis.

Sejak game ini dirilis, Manhunt 2 mendapat penolakan hingga menjadi game terlarang di Jerman, Irlandia, Italia, Malaysia, Selandia Baru, Australia, Korea Selatan, dan Inggris. Banyak negara juga mengecam ekstensi dari game terlarang ini.

Call of Duty: Black Ops 2

Game ini terlarang di Pakistan. Hal ini disebabkan Call of Duty: Black Ops 2 menunjukkan bahwa negara Pakistan sama dengan teroris.

Saat game ini dilarang, toko game terbesar di Islamabad mengaku belum pernah mendengar game Call of Duty: Black Ops 2. Toko lainnya menyebut beberapa kalangan tak menyukai game ini.

Alhasil game Call of Duty: Black Ops 2 terlarang di Pakistan. Meski begitu, beberapa peritel masih menjualnya secara diam-diam. (lnm).

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini