nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Dampak yang Ditimbulkan Akibat Gempa Bumi, Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 09:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 23 56 1849141 4-dampak-yang-ditimbulkan-akibat-gempa-bumi-apa-saja-rDh4QsBqIs.jpg (Foto: Theborneopost)

JAKARTA - Gempa merupakan getaran yang terjadi di permukaan Bumi karena pelepasan energi dari dalam secara mendadak. Fenomena ini menimbulkan gelombang seismik.

Gempa Bumi disebabkan pergerakan kerak Bumi yang terjadi pada suatu wilayah. Dilansir Sciencing, setidaknya ada 4 dampak yang bisa ditimbulkan karena munculnya fenomena gempa Bumi.

Efek Geologis

Gempa Bumi bisa mempengaruhi daratan dengan beberapa cara. Saat terjadi gempa, gempa tersebut mengguncang tanah dan menyebabkan struktur berguncang. Bila sebuah struktur sudah tua atau belum dibangun dengan benar untuk menahan kekuatan gempa bumi, ia bisa runtuh, menyebabkan kerusakan pada bangunan di sekitarnya.

Bangunan runtuh adalah penyebab utama dari potensi korban jiwa.

Tanah Longsor

Bangunan dipengaruhi oleh gempa Bumi, namun gempa Bumi juga dapat menyebabkan pergerakan bukit dan gunung yang tidak stabil yang menyebabkan tanah longsor. Tanah longsor ini juga dapat merusak properti dan melukai orang karena tanah bergerak bergerak menuruni permukaan yang landai .

Bumi yang memiliki pasir, batu atau bahan lainnya, ini mampu bergerak karena tarikan gravitasi. Dengan demikian, material tersebut bisa merusak properti dan menutupi area yang luas dengan pasir.

Tsunami

Tsunami adalah hasil dari gempa Bumi dan bisa menjadi salah satu akibat paling mematikan dari gangguan geologis. Tsunami adalah gelombang besar yang tercipta saat gempa terjadi di laut.

Peletakan lempeng dan gerakan menyebabkan gelombang besar yang membangun momentum dan ukuran saat mencapai massa tanah. Gelombang besar ini, setinggi 100 kaki bisa menerpa bangunan, struktur dan menyebabkan kerusakan mil.

Banyak orang menjadi tunawisma atau kehilangan keluarga dan teman-teman dalam banjir akibat tsunami yang dahsyat.

Manusia

Orang-orang terpengaruh dengan berbagai cara oleh gempa bumi. Bahkan bila tidak ada yang terluka, gempa Bumi bisa berdampak abadi pada jiwa manusia.

Gempa bumi dapat mengakibatkan kehancuran dalam jumlah besar dan banyak orang merasa sulit untuk membangun kembali kehidupan mereka ketika sebuah gempa telah menghancurkan banyak bangunan di kota mereka.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini