Android Oreo Kini Bisa Tunjukkan Kecepatan WiFi

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 24 207 1849442 android-oreo-kini-bisa-tunjukkan-kecepatan-wifi-ofGpk7LE0H.jpg (Foto: Droidholic)

JAKARTA Android Oreo telah diirlis oleh Google sebagai sistem operasi versi terbaru. Berbagai fitur diusung lebih canggih ketimbang versi sebelumnya.

Kini Android Oreo membawa fitur baru melalui sebuah update. Pengguna akan mendapatkan informasi terkait kecepatan WiFi publik yang biasanya dimanfaatkan oleh banyak pengguna smartphone.

Baca: Akhirnya! Google Pastikan Android 8.1 Oreo Segera Dirilis

Fitur itu akan tampil sebelum Anda menghubungkannya ke smartphone. Artinya, Anda bisa mengetahui dan memilih WiFi mana yang memiliki konektivitas tercepat untuk berselancar di dunia maya.

Beberapa kategori kecepatan akan tercantum mulai dari Sangat Cepat, Cepat, Baik dan Buruk. Standar dalam kategori disini ditentukan berdasarkan kecepatan jaringan saat digunakan untuk mengakses video.

Hal tersebut berarti, Anda akan menikmati akses video yang lancar ketika menggunakan WiFi dengan kategori kecepatan yang Cepat dan Sangat Cepat. Perbedaannya hanya dari segi kualitas gambar saja.

Website atau streaming musik sendiri akan dengan lancar dinikmati ketika Anda menggunakan jaringan dengan kategori Baik. Sementara untuk terakhir akan cukup untuk melakukan panggilan maupun berkirim pesan.

Fitur ini sebelumnya telah diumbar oleh Google dan akhirnya kini dirilis dalam update Android Oreo 8.1.

Baca juga: Xiaomi Mi A1 Kini Bisa Update Android Oreo

Android Oreo hingga saat ini memang masih tersedia secara terbatas. Beberapa smartphone yang telah mendukung OS Android terbaru ini seperti Pixel dan Pixel 2 serta Nexus 6P dan Nexus 5X.

Sebagai catatan, informasi kecepatan ini tak akan muncul pada WiFi pribadi. Jika tak diinginkan, admin WiFi publik juga bisa menonaktifkan fitur informasi kecepatan jaringan yang akan tampil berkat update Android Oreo. Demikian seperti dilansir TechCruch, Rabu (24/1/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini