nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Area Terbaik Saksikan Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 24 56 1849531 ini-area-terbaik-saksikan-super-blue-blood-moon-31-januari-2018-9K72IIXUMk.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Fenomena Super Blue Blood Moon tampaknya dinanti-nanti sebagian masyarakat dunia. Fenomena itu kabarnya terjadi pada awal pagi di 31 Januari 2018.

Dilansir Space, Rabu (24/1/2018), para pengamat langit di Alaska, pulau Hawaii dan bagian barat Amerika Utara akan dapat melihat fenomena Super Blue Blood Moon yang langka. Event ini kabarnya bertepatan dengan Blood Moon, karena bulan tampak berwarna kemerahan atau tembaga ketika melewati bayangan Bumi.

Terlebih lagi, bulan purnama pada 31 Januari selama perigee, yakni jarak terdekat Bulan dengan Bumi dalam satu orbit tunggal, yang berarti bahwa diameternya akan muncul sekira 7 persen lebih besar dan 14 persen lebih terang dari biasanya. Sehingga, fenomena ini juga bisa disebut sebagai supermoon.

Ini merupakan pertama kalinya sejak lebih dari 150 tahun, ada tiga fenomena bulan yang terjadi, menurut pernyataan NASA. "Untuk benua Amerika Serikat, penayangan akan menjadi yang terbaik di Barat. Atur alarm Anda lebih awal dan keluar dan lihatlah," kata Gordon Johnston, eksekutif program dan blogger lunar di kantor pusat NASA di Washington.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Terlihat di Seluruh Indonesia pada 31 Januari 2018

Pada 31 Januari 2018, Super Blue Blood Moon akan terlihat sebelum matahari terbit di Amerika Utara, Alaska dan Hawaii. Mereka yang tinggal di Timur Tengah, Asia, Rusia timur, Australia dan Selandia Baru akan melihat Super Blue Blood Moon di pagi hari, menurut pernyataan NASA.

Penduduk Indonesia Bisa Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin mengungkap gerhana bulan total akan terjadi pada 31 Januari 2018. Proses dari fenomena alam yang menarik itu sendiri berlangsung mulai petang.

Baca juga: Terungkap! 4 Mitos Gerhana Bulan yang Tak Lekang Zaman

"Gerhana bulan total 31 Januari akan terlihat di seluruh Indonesia. Proses gerhana mulai pukul 18:48 WIB. Gerhana bulan total pukul 19.52 - 21:08 WIB," kata Thomas kepada Okezone.

Gerhana bulan kali ini menarik, karena jarak antara bulan dengan bumi terbilang dekat. Alhasil gerhana bulan total ini disebut Supermoon.

Dijelaskan Thomas, seluruh masyarakat di wilayah Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan total. Fenomena ini sendiri diperkirakan akan berakhir pada pukul 22.11 WIB.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini