Kuda dan Unta Disebutkan dalam Alquran, Apa Keistimewaannya?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 25 56 1850338 kuda-dan-unta-disebutkan-dalam-alquran-apa-keistimewaannya-LQF4yiNMRj.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kuda dan unta disebutkan di dalam Alquran yang tentunya memiliki keistimewaan. Kedua hewan berkaki empat itu sama-sama makhluk hidup yang bisa ditunggangi oleh manusia.

Seperti diketahui, kemampuan unta beradaptasi dengan kondisi alam membuat manusia terdorong untuk memanfaatkannya sebagai alat transportasi handal. Hewan ini memiliki karakter untuk bertahan di kehidupan gurun yang keras.

Unta bisa hidup di kawasan berbatu dan bersuhu rendah, membuatnya memiliki daya tahan dan kekuatan yang mengagumkan. Unta mampu menempuh jarak tidak kurang dari 35 kilometer dalam sehari dengan menggendong beban seberat 500 kilogram.

Rupanya, unta yang memiliki keistimewaan ini disebutkan di dalam Alquran. "Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan," Surah Al-Gasyiyah Ayat 17.

Baca juga: Aktivitas Kehidupan Hewan Mirip Manusia Dijelaskan Alquran dan Sains

Sementara untuk kuda, hewan tersebut merupakan spesies mamalia modern dari genus Equus. Hewan ini menjadi hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis.

Hewan berkaki empat ini dimanfatkan sebagai hewan tunggangan oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput dan gurun Asia Tengah dan Utara.

Baca juga: Terungkap Cara Hewan saat Berkomunikasi Dijelaskan Alquran dan Sains

Dalam buku 'Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran' karya Af Idah Salmah dijelaskan bahwa kuda termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Pada musim panas, kuda bisa menghabiskan 50 kilogram rumput dalam sehari. Sedangkan pada musim dingin, makanannya bisa ditambah dengan jerami dan padi-padian serta terkadang ditambah dengan tetes tebu. Kebutuhan air bagi kuda dalam sehari mencapai 60 liter.

Kuda telah disebutkan di salah satu ayat dalam Alquran. "Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya," bunyi Surah An Nahl Ayat 8.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini