nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ambisi Oppo Gulingkan Sony di Jepang

Lely Maulida, Jurnalis · Minggu 28 Januari 2018 12:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 26 207 1850875 ambisi-oppo-gulingkan-sony-di-jepang-KsKNpdVtIr.jpg (Foto: Mobile Octa)

BEIJING Oppo tampaknya siap menggulingkan Sony di Jepang. Vendor smartphone asal China itu akan meluncurkan flagship-nya R11 di negeri Sakura pada Februari sebagaimana dikatakan Deng Yuchen, kepala operasi Oppo di Jepang.

Dijelaskan Yuchen, Oppo berniat untuk mencapai posisi pasar yang sesuai dengan penjualan globalnya dalam lima tahun. Demi menempuh hal tersebut Oppo harus membuka pasar yang matang dengan tiga operator besar dan lebih dari dua lusin operator seluler dimana Apple, Samsung dan Huawei mencapai posisi itu.

Baca: Oppo Jadi Vendor Pertama Rakit Smartphone 5G?

Oppo sendiri berada di posisi keempat dalam pengiriman smartphone secara global pada kuartal September-Juli, sebagaimana data yang dirilis IDC.

“Beroperasi di pasar yang menuntut, dapat meningkatkan kualitas kita sendiri dan menjadi pengalaman berharga bagi kita untuk mengatasi pasar Eropa dan AS yang belum dimanfaatkan di masa depan. Sukses di pasar Jepang akan menjadi dukungan untuk merek kami,” kata Deng.

Menurut Deng, Oppo kini tengah dalam diskusi dengan NTT Docomo Inc., KDDI Corp. dan SoftBank Group Corp. dan dua diantaranya sudah ada kemajuan. Tiga operator setempat juga telah mengurangi subsidi handset sehingga memacu penjualan perangkat yang tidak di-lock.

Vendor smartphone China itu juga sedang dalam diskusi dengan Y! Mobile dan Rakuten Mobile, yang disebut telah meningkatkan pelanggan sebanyak 50% dalam beberapa tahun terakhir.

Oppo berencana untuk mempekerjakan 700 hingga 800 karyawan di Jepang dalam dua tahun ke depan dalam posisi teknik, pemasaran dan penjualan. Selain itu, perusahaan juga kemungkinan membuka toko andalannya di Tokyo.

Baca juga: 20.000 Toko Tak Lagi Jual Ponsel Oppo dan Vivo, Kenapa?

Oppo memang menjadi primadona di negerinya sendiri. Di luar wilayah asalnya, Oppo menjual smartphone di sekira 30 pasar, termasuk Singapura, Australia dan Selandia Baru, serta pasar negara berkembang seperti India dan Indonesia.

“Kami merasa jika kami tidak datang ke Jepang, kami akan kehilangan kesempatan. Jepang merupakan pasar penting untuk membangun merek global dan juga pasar besar yang sekarang terbuka,” ujar Deng memungkas. Demikian seperti dilansir Bloomberg. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini