nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

John Gorrie sang Penemu AC yang Dikenal sebagai Dokter

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 07:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 28 56 1851437 john-gorrie-sang-penemu-ac-yang-dikenal-sebagai-dokter-aXuVMUlStn.jpg (Foto: Phys.ufl.edu)

JAKARTA - Perangkat pengatur suhu ruangan, AC (Air Conditioner) banyak dipakai di rumah maupun kantor. Tahukah Anda bahwa terciptanya AC berasal dari penelitian yang dilakukan ilmuwan Amerika Serikat bernama John Gorrie.

Diambil dari berbagai sumber, John Gorrie yang dikenal seorang dokter pada 1842 mulai melakukan penelitian mengenai AC. Konon, terbesit dari pikirannya untuk menciptakan AC karena memerhatikan kenyamanan pasiennya.

Banyaknya pasien John Gorrie yang mengidap malaria dan gejala demam tinggi serta temperatur ruangan yang panas memunculkan ide untuk membuat AC. Pada 1845, ia memutuskan untuk berhenti melakukan praktik medis kemudian fokus pada proyek pembuatan alat pendingin ruangan.

Akhirnnya, pada 1851 John Gorrie sukses menciptakan mesin pembuat es yang menjadi asal mula lahirnya AC modern. Mesin ciptaannya lalu dipatenkan dan ia berusaha untuk memproduksi secara massal.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Akan tetapi, kondisi keuangan yang tidak memungkinkan dan kesehatan yang menurun, John Gorrie sulit mengembangkan mesin buatannya. Kemudian, John Gorrie meninggal dunia pada 1855.

Akun YouTube Queen Queen mengungkap John Gorrie yang lahir pada 1803 hingga meninggal dunia pada 1855. Tidak hanya menciptakan AC, ia juga sebagai inventor dari mesin es buatan maupun alat pendingin.

Baca juga: Nikola Tesla, Penemu Teknologi Listrik yang Berjasa untuk Dunia

Sistem pendingin ruangan seperti AC ini sudah dikenal sejak zaman Romawi maupun Persia. Cara kerja dari alat ini sendiri yakni dengan menampung air ke dalam dinding, untuk kemudian bisa mendinginkan udara. Hal ini pun membutuhkan sebuah biaya yang besar dalam membangunnya.

Berkat usaha Gorrie yang menciptakan mesin pendingin tersebut, maka mesin ini bisa dikembangkan oleh Willis Carrier yang dikenal sebagai penemu AC modern pada 1902.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini