Facebook Bikin Gaming Creator Pilot Program Saingi Twitch & YouTube

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 29 Januari 2018 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 29 207 1851670 facebook-bikin-gaming-creator-pilot-program-saingi-twitch-youtube-6JXmzBnKZ9.jpg (Foto: Dado Ruvic/Reuters)

JAKARTA - Facebook tampaknya mulai melirik layanan steaming game dengan memperkenalkan Creator Pilot Program. Program ini diperuntukan untuk game streamers yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan uang.

Layanan ini tampaknya serupa dengan Twitch dan YouTube. Dilansir Vg247, Senin (29/1/2018), perusahaan mendorong lebih banyak kreator livestreaming untuk ikut ke dalam platform.

"Banyak pencipta game memonetisasi video mereka secara langsung dari dukungan penggemar penuh mereka, dan kami secara aktif mengeksplorasi cara bagi penggemar untuk mendukung pencipta game favorit mereka melalui pembayaran selama live streaming di Facebook," tulis pengumuman tersebut.

Lebih lanjut Facebook mengungkapkan, berdasarkan hasil tes awal, pihaknya akan memperluas dukungan inisiatif monetisasi ke pembuat game yang lebih banyak, termasuk peserta dalam program awal ini.

Mereka yang diterima dalam program pilot ini akan dapat melakukan livestream pada resolusi 1080p/60fps ketimbang 720p/30fps saat ini dengan Facebook Live.

Baca juga: Facebook Uji Coba Fitur Komentar Private

Facebook juga mengatakan bahwa pada program ini, perusahaan akan menyediakan dukungan agar video livestreaming bisa didistribusi lebih luas melalui jejaring sosial bersama dengan Instagram dan Oculus.

Live streaming video game tampaknya digandrungi oleh para gamer yang ingin menunjukkan kebolehan mereka ketika bermain game. Sebelum Facebook mengungkapkan program ini, Twitch dan YouTube sudah lebih dulu muncul.

Baca juga: Saingi Twitch, YouTube Gaming Resmi Rilis di Indonesia

Pada April 2016 dilaporkan, YouTube Gaming Resmi Rilis di Indonesia. Website yang menampilkan video live streaming serta walkthrough game ini bisa diakses melalui gaming.youtube.com.

YouTube Gaming berisikan tayangan video gameplay, yang dilengkapi dengan kolom live chat. Sambil menyaksikan video, pengakses bisa turut berbincang-bincang atau menuliskan sesuatu pada kolom chat setelah login Gmail terlebih dahulu.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini