Konsumen Indonesia Senang Berbelanja Online di Jam Kerja

Kemas Irawan Nurrachman, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 207 1852091 konsumen-indonesia-senang-berbelanja-di-jam-kerja-k6LyP5BqM3.jpg Foto: Kemas Irawan/Okezone

JAKARTA - Masyarakat Indonesia memiliki kencenderungan untuk membeli barang di toko online atau e-commerce di jam kerja. Ini terlihat berdasarkan data yang dikeluarkan iPrice Group Selasa (30/1/2018).

Senior Content Markerter iPrice Group, Andre Prasetya, menjelaskan pengguna atau konsumen pasar online senang melakukan belanja di jam kerja. Berdasarkan waktu, tertinggi order di toko online pukul 11 pagi.

"Peak order terjadi pada pukul 11 pagi dengan jumlah 69 persen lebih tinggi dari jumlah rata-rata ribuan pesanan di e-commerce di Indonesia setiap hari," kata Andrew di Jakarta.

(Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ponsel Basah Terguyur Air Hujan)

Jika berdasarkan waktu selama sepekan, tambahnya, conversion rate mingguan tertinggi pada hari Rabu. "Peningkatan jumlah beli mencapai 12 persen di hari tersebut. Anehnya, weekend malah mengalami penurunan atau lebih rendah -30 persen," tuturnya.

Ini terjadi karena weekend masyarakat Indonesia lebih senang sekadar browsing ketimbang membeli. "Biasanya mereka hanya mencari-cari dan memasukkan ke wish list, namun baru eksekusi pembelian di Rabu," tambahnya.

Selain itu, penggunaan komputer meja atau desktop masih menempati posisi pertama saat konsumen melakukan belanja online. "Ada kemudahan konsumen dalam melihat produk dengan leluasa dan mengkomparasi harga dengan toko lainnya," paparnya.

Senada dengan Senior Analys East Ventures, Elissa Sutedja. Ia menjelaskan, banyak juga perusahaan yang memanfaatkan e-commerce untuk belanja ketimbang belanja ke toko biasa.

"Lebih memudahkan dalam berbelanja dan bisa mengkompilasi dengan harga dari toko lainnya. Jadi bukan berarti merela tidak produktif dalam bekerja," tuturnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini