Share

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ponsel Basah Terguyur Air Hujan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 92 1851970 perhatikan-5-hal-ini-jika-ponsel-basah-terguyur-air-hujan-kTgDFh6F9k.jpg (Foto: Cnet)

JAKARTA - Cara teraman mencegah ponsel dari terpaan air hujan ialah menempatkannya di dalam tas atau plastik, tidak digunakan pada saat hujan. Akan tetapi, bila terlanjur ponsel pengguna basah karena air hujan atau jatuh ke air, berikut beberapa hal yang perlu pengguna perhatikan.

 

Matikan Ponsel

Bila ponsel sudah terlanjur basah, maka segera amankan ponsel dari air dan matikan sesegera mungkin. Mematikan ponsel agar tidak terjadi arus pendek yang mengakibatkan ponsel menjadi rusak.

Copot Baterai

Setelah ponsel dalam posisi mati, segera cabut baterai ponsel. Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel. Agar lebih aman, pengguna juga bisa melepas kartu memori dan SIM Card.

Baca juga: Cegah Ponsel Basah saat Hujan, Perhatikan Hal Ini

 

Keringkan Ponsel

Jika ponsel masih dalam kondisi basah, maka keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel pada bodi ponsel. Lepas casing dan baterai, dan mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Hindari penggunaan hairdryer untuk mengeringkan ponsel.

Baca juga: 7 Tips Ini Bikin Baterai Ponsel Anda Tahan Lama

 

Jangan Hidupkan Ponsel

Apabila ponsel telah dikeringkan permukaan luarnya, sebaiknya tidak terburu-buru menyalakan ponsel, terutama bila ponsel jatuh tenggelam ke air. Apabila air masuk dan memasahi bagian dalam, berbahaya bagi handset apabila dinyalakan karena khawatir bisa merusak komponen kelistrikan.

 

Manfaatkan Beras

Pengguna bisa memakai gel silica untuk menyerap air pada ponsel atau pengguna juga bisa memanfaatkan beras. Masukan ponsel ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh, lalu biarkan selama satu hari.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini