nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerhana Bulan Total Tak Bisa Dilihat di Beberapa Wilayah Indonesia

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 17:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 31 56 1852794 gerhana-bulan-total-tak-bisa-dilihat-di-beberapa-wilayah-indonesia-F2P70pVlob.jpg Ilustrasi Gerhana Bulan Total (Foto: Okezone)

JAKARTA - Fenomena gerhana bulan total yang akan terjadi pada 31 Januari ini merupakan peristiwa alam yang langka terjadi. Indonesia termasuk yang dapat melihat fenomena yang pernah terjadi pada 1866 atau 152 tahun yang lalu itu, sayang tidak semua wilayah di Indonesia dapat melihat dengan jelas.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (31/1/2018), beberapa wilayah seperti Bengkulu, Jambi, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Bandar Lampung, Mataram, Makassar, Palu, dan Medan akan kesulitan melihat fenomena tersebut. Hujan dengan intensitas ringan hingga hujan lokal diperkirakan akan menghalangi pandangan warga untuk melihat.

Sementara itu, wilayah seperti Gorontallo, Samarinda, Ternate, Biak, Pekanbaru, Kendari, Manado, dan Padang diperkirakan akan melihat fenomena tersebut dengan jelas karena cuaca cerah hingga cerah berawan dengan suhu 22-31 derajat selsius.

Baca juga: Super Blue Blood Moon dan Debit Air Pasang Pemicu Banjir

Sementara itu, dampak dari fenomena ini mengakibatkan air laut mengalami kenaikan atau tinggi pasang maksimum yang mencapai 1,5 meter karena adanya gravitasi bulan dengan matahari. Sedangkan surut minimum mencapai -100-110 cm yang terjadi mulai dari 30 Januari sampai 1 Februari 2018 yag terjadi di Pesisir wilayah Sumatera Utara, Barat, Sumatera Barat, Selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menegaskan, tinggi pasang maksimum ini akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan.

Baca juga: Perhatikan Ini saat Memotret Gerhana Bulan Total dengan Kamera Smartphone & DSLR

Keseluruhan proses gerhana dapat diamati di Samudra Pasifik serta bagian Timur Asia, Indonesia, Australia, dan bagian barat laut Amerika. Gerhana ini dapat diamati di bagian barat Asia, Samudra Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian timur Eropa pada saat bulan terbit.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini