nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peter Henlein Penemu Jam Tangan Lawas Sejak 1510

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 07:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 01 56 1853409 peter-henlein-penemu-jam-tangan-lawas-sejak-1510-7CWpZ0cjrv.jpg (Foto: Yourwatchhub)

JAKARTA - Jam tangan menjadi salah satu perangkat teknologi yang masih dipakai hingga saat ini. Bahkan, pengembangan terkini sudah memunculkan apa yang disebut sebagai jam tangan pintar atau smartwatch.

Kapankah pertama kalinya jam tangan muncul? Website Historyofwatch mengungkapkan, kemunculan jam tangan generasi awal tidak terlepas dari nama Peter Henlein, yang lahir pada 1485. Pria asal Nuremberg, Jerman itu dikenal dengan keahliannya membangun jam berukuran kecil.

Peter Henlein disebut juga sebagai bapak jam modern. Sedikit diketahui tentang kehidupan awalnya, namun diketahui ia sebagai tukang reparasi dan tukang kunci.

Ia muncul dalam buku-buku sejarah dimulai pada 7 September 1504, di mana ia terlibat dalam perkelahian dan temannya serta rekan tukang kunci George Glaser terbunuh. Setelah itu ia kembali ke Nuremberg dan menjadi tukang kunci paling terkenal.

Baca juga: Jam Tangan Pintar Selamatkan Pria dari Lautan Penuh Hiu, Kok Bisa?

Ia juga dipuji karena kemampuannya menciptakan jam kuningan kecil yang kemudian sangat langka dan mahal harganya. Dengan popularitas itu, tidak aneh bila bangsawan lokal itu menghubunginya secara reguler, menuntut desain jam yang lebih indah dan lebih kecil.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa jam pertama Peter dibuat pada 1510. Pada 1541 dia dikenal karena keahliannya dan telah ditugaskan untuk tidak hanya membangun jam kecil tapi juga menara besar untuk kastil Lichtenau.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Jam Tangan Pintar Unik

Jam yang dibuat oleh Peter Henlein segera menjadi sensasi di kalangan ilmuwan Eropa dan kemudian oleh populasi umum Eropa. Peter Henlein dianggap sebagai bapak jam modern meskipun dia bukan tukang kunci pertama yang merancang jam kecil atau bertanggung jawab atas penemuan komponen jam utama.

Ia meninggal pada 1547, tetapi penemuannya terus bisa dirasakan oleh manusia hingga saat ini.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini