Curiosity, Robot NASA Pamer Panorama Mars

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 08:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 01 56 1853428 curiosity-robot-nasa-pamer-panorama-mars-dnZmXt45YW.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Curiosity, robot yang dibuat oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA telah sampai di Mars sejak 2012. Curiosity merupakan robot yang sengaja dibuat untuk melakukan penelitian di planet Mars.

Dilansir Astronomynow, Kamis (1/2/2018), robot itu menunjukan beberapa jalan saat melintasi Gale Crater. Curiosity telah menjelajah dan menunjukkan pemandangan dari sisi utara Mount Sharp daerah yang dikenal dengan sebutan Vera Rubin Ridge.

Curiosity menunjukkan perjalanan sejauh 85 kilometer (sekira 50 mil). Robot dengan enam buah roda itu mengandalkan Mast Camera atau yang disebut juga sebagai Mastcam.

Mastcam telah mengambil gambar 3 bulan lamanya pada saat masih cerah sebelum titik balik matahari di musim dingin pada belahan utara Mars. Menurut Ashwin Vasavada, seorang ilmuwan dari proyek robot Curiosity di Laboratorium Jet, ini merupakan pertama kalinya bisa melihat secara keseluruhan mengenai pemandangan Mars.

Dilihat dari Vera Rubin Ridge, dataran luas dari kawah luar biasa membentang hingga ke pegunungan yang membentuk ke tepi utara Kawah Gale. Mastcam yang ditanamkan pada robot Curiosity mengambil gambar panorama dari lokasi 327 meter di atas lokasi pendaratan penjelajah.

Baca juga: NASA Temukan Fosil Dinosaurus di Mars, Benarkah?

Pada saat di Yellowknife Bay, Curiosity menemukan senyawa karbon dan bukti lingkungan danau air tawar. Selain itu, Curiosity juga menemukan peninggalan sungai kuno yang membawa air ke Kawah Gale yang terjadi sekira 3 miliar tahun yang lalu.

Tempat pada gambar-gambar tersebut diambil dari 1.073 kaki (327 meter) dari atas lokasi pendaratan Curiosity. Sejak saat itulah penjelajah telah naik lagi sekira 85 kaki atau 26 meter dan dilanjutkan untuk mengambil gambar panorama lain di tempat yang berbeda.

Baca juga: Robot Penjelajah NASA Temukan Unsur Kehidupan di Mars

Tujuan berikutnya adalah tempat yang menunjukkan adanya tanah. Namun, sebelum meninggalkan Vera Rubin Ridge, para ilmuwan berencana menggunakan alat bor dari Curiosity untuk mengambil beberapa sampel batu dan tanah untuk pertama kalinya sejak 2016.

Ilmuwan juga telah merencanakan sebuah pekerjaan yang memungkinkan untuk dilakukan, sehingga pengeboran dapat aman dan bisa dilanjutkan.

Pada November 2017 dilaporkan bahwa NASA mengembangkan robot yang memiliki kemampuan canggih dan dilengkapi dengan 23 kamera. Disebut NASA Mars 2020, perangkat tak berawak bertenaga nuklir itu membawa 23 kamera dan mampu menampilkan resolusi lebih tinggi.

Robot juga dapat memiliki kemampuan 3D, bandwidth lebih besar ketimbang penjelajah Mars sebelumnya. Robot bahkan memiliki satu kamera yang diletakan di dalam laboratorium rover untuk memantau pengumpulan dan penyimpanan sampel.

Ilmuwan menyematkan lebih banyak kamera yang memiliki teknologi dan kapabilitas yang ditingkatkan. Jumlah kamera yang bisa dibawa bertambah seiring ukuran dan harganya yang menurun.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini