nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Ini Bahaya Menggunakan Ponsel di Toilet

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 09:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 01 56 1853490 waspada-ini-bahaya-menggunakan-ponsel-di-toilet-G2sSE5OvEW.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Membawa dan menggunakan telefon seluler di toilet seolah tidak berbahaya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa menggunakan ponsel ke toilet tidak baik untuk kesehatan.

Bagi kalian yang memiliki kebiasaan membawa smartphone atau ponsel saat berada di dalam toilet sebaiknya hilangkan kebiasaan seperti itu. Hal ini dikarenakan toilet merupakan salah satu tempat bakteri bersarang.

Beberapa alasan lain bahayanya membawa ponsel ke toilet sebagai berikut, seperti dikutip Antaranews.

Ponsel Tempat Bakteri Berkembangbiak

Peluang berkembangbiak bakteri pada smartphone lebih tinggi dikarenakan alat ini sering sekali memanas. Dengan demikian, hal itu memberikan lingkungan hangat untuk bakteri tetep bertahan dan bertumbuh.

Kemungkinan Anda menggenggam smartphone di tangan yang sama setelah Anda menggenggam makanan. Hal tersebut mungkin menyediakan bakteri dengan minyak yang menempel di tangan setelah makan dan menempel di smartphone.

Baca juga: Nih, Bahaya Ganti Layar Smartphone yang Bisa Mengintai Anda

Lebih Banyak Terkontaminasi Bakteri di Toilet

Saat Anda membilas toilet, air toilet akan bercampur dengan zat sisa urine dan feses yang bisa terciprat hingga 2 meter ke segala arah. Satu gram kotoran manusia bisa menghasilkan satu triliun kuman.

Cipratan air tersebut nantinya akan menguap dan bakteri yang dibawa akan menempel di permukaan smartphone tanpa pernah Anda sadari. Mungkin setelah keluar dari toilet Anda merasa bahwa tangan Anda bersih. Akan tetapi, bakteri yang menempel pada permukaan smartphone akan mudah berpindah ke benda-benda yang telah disentuh.

Baca juga: Ini Alasan Jangan Taruh Ponsel di Bawah Jok Motor

Membersihkan Tangan Sia-Sia

Saat Anda membersihkan tangan Anda, lalu Anda menggenggam smartphone Anda sama saja telah mentransfer kembali bakteri ke tangan Anda. Karena sebelumnya smartphone sudah terkontaminasi oleh bakteri yang ada pada toilet.

Saat di toilet kuman bersarang di kursi toilet, tombol bilas, tempat tisu, bahkan di pintu bilik toilet. Kuman dapat dengan mudah menginfeksi penggunanya.

Menurut Ahli Kebersihan Lisa Ackerley, apabila dalam keadaan terpaksa sebaiknya menggunakan ponsel dengan satu tangan dan tidak menyentuh benda apapun di toilet. Kemungkinan hal tersebut dapat mengurangi bakteri yang terkontaminasi pada tubuh manusia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini