Unik, Ini Jadinya Jika Cheetah Jadi Kameramen

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 04 Februari 2018 07:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 02 56 1853955 unik-ini-jadinya-jika-cheetah-jadi-kameramen-n4zvvVNDwD.jpg (Foto: Sciencefocus)

JAKARTA - Hewan menghabiskan banyak waktu di tempat-tempat yang cukup sulit untuk manusia kunjungi. Tempat-tempat tersebut di antaranya adalah bawah tanah, dasar lautan, ataupun tingginya pepohonan di hutan.

Namun, bagaimana jika binatang yang membawa manusia ke habitat tersebut? Bukan dengan mengajak langsung, tetapi dengan cara menempatkan kamera untuk dibuat film sesuai perspektif mereka sendiri.

Dengan menggunakan teknologi kamera terbaru yang akan membawa manusia ke dalam dunia hewan, kamera tersebut akan menangkap langsung perilaku-perilaku hewan yang belum pernah manusia lihat sebelumnya. Dalam pengamatan dari kamera, terlihat bahwa simpanse mencuci tangan sendiri, lalu cheetah yang mencari makan di hutan Namibia.

Setiap serinya, presenter dan kameramen satwa liar Gordon Buchanan bekerjasama dengan para ilmuwan untuk menyiapkan rekam unik tersebut dan akan menjawab pertanyaan penting mengenai kehidupan hewan-hewan tersebut. Mereka membicarakan tentang bagaimana acara itu dibuat.

Pembuatan film dari perspektif hewan ini membuat mereka memiliki berbagai informasi tentang kehidupan binatang. Namun, satu hal yang tidak bisa manusia lihat ialah sesuatu yang dilihat oleh binatang.

Baca juga: 5 Kamera Digital Terbaik 2017, Nomor 3 Bisa Motret 20 FPS

Simpanse menghabiskan banyak waktunya dengan bersembunyi di dedaunan lebat poho-pohon tinggi. Bahkan beruang cokelat yang berada di Pegunungan Turki sebagian besar orang di belahan dunia belum pernah melihat. Dengan teknologi terbaru itulah manusia bisa mengikuti binatang ke dalam dunia mereka.

Film ini menjadi bagian dari seri Animals With Cameras, seperti yang diwartakan Sciencefocus, Jumat (2/2/2018). Film tersebut memakai teknologi kamera terbaru yang membawa manusia ke dalam dunia hewan, serta menangkap perilaku hewan yang belum pernah dilihat manusia.

Kamera Bukan Tipuan

Bekerjasama dengan ahli biologi dan ahli zoologi, merupakan cara yang tepat untuk mencoba menjawab pertanyaan tentang binatang. Dengan anjing laut yang terdapat di Australia, para ilmuwan tahu berapa lama anjing laut menghabiskan waktu di dasar lautan dan seberapa sering mereka menyelam.

Menggunakan kamera dapat mengungkapkan dengan tepat bagaimana dan apa yang mereka buru. Hal ini akan membantu untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang hewan dan dapat dilestarikan untuk masa depan.

Dahulu teknologi belum sampai seperti ini. Kamera yang besar dan berat, kualitas gambar terlalu buruk, serta baterai yang tidak bertahan lama masih belum memungkinkan. Kini manusia sudah bisa membuat kamera yang mungil dan berkualitas tinggi, berkat teknologi polimer lithium baterai jadi lebih ringan.

Kamera yang dibuat disesuaikan dengan kamera aksi seperti GoPro. Masa tahan baterai masih jadi faktor utama, sehingga kamera di program untuk hal-hal penting saja seperti saat binatang sedang aktif atau saat terjun ke kedalaman.

Kamera Ditempatkan pada Cheetah

Cheetah adalah hewan yang menakjubkan. Kebanyakan makhluk yang banyak bergerak memiliki banyak rintangan sehingga perlu perjuangan besar. Meskipun begitu, Cheetah merupakan hewan mamalia yang hidup paling cepat namun kepalanya tetap stabil dan fokus pada mangsanya.

Rekaman yang diambil dari kepala Cheetah terlihat spektakuler.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini