Kominfo: Peluang Pemain Lokal Masih Besar untuk Bersaing di Industri Digital

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 03 Februari 2018 12:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 03 207 1854198 kominfo-peluang-pemain-lokal-masih-besar-untuk-bersaing-di-industri-digital-pWsP6ZxHOO.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Kehadiran produk dan pemain asing di industri digital Indonesia memang tak bisa dielakkan. Namun mendominasinya pemain asing patut menjadi perhatian berbagai kalangan.

Beberapa kalangan menilai gempuran pemain asing telah dalam kondisi darurat sehingga perlu regulasi yang membatasi pemain asing dan mendorong pemain lokal untuk mengasai pangsa pasar di negeri sendiri. Sayangnya, peraturan menteri (Permen) over the top (OTT) asing masih dalam bahasan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dirjen Aplikasi Informatika Semuel Abrijani mengatakan bahwa dominasi pemain asing di pasar lokal masih terbilang kecil. Pasalnya market untuk e-commerce saja masih belum memenuhi target.

Alhasil menurut pria yang akrab disapa Sammy itu masih banyak peluang untuk pemain lokal dalam mengembangak usahanya dan bersaing dengan pamain asing.

“Saya rasa berlebihan (darurat) karena market e-commerce masih kecil. Jangan didasari ketakutan. Kita regulasi ada, kita selalu memberikan kemudahan. Sekarang bagaimana kita juga mendorong pelaku lokal untuk berkembang,” kata Sammy dalam talkshow Polemik di radio MNC Trijaya FM, Sabtu (3/2/2018).

Diakui Sammy, pemain asing memang banyak melenggang di industri digital di Indonesia. Namun ia menekankan agar masyarakat memanfaatkan peluang yang masih besar di era digital ini.

Alih-alih khawatir hegemoni pemain asing, Sammy menyerukan agar pelaku usaha lokal membuat produk yang layak dijual online dengan membuatnya dikemas semenarik mungkin.

Disisi lain, permen OTT sendiri diakui Sammy akan dilakukan uji publik. Regulasi tersebut diharapkan dapat mendorong pemain lokal untuk semakin berkembang dan mampu bersaing dengan pemain asing.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini