Sulit Mencari Mangsa, Beruang Kutub Terancam Punah?

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 04 Februari 2018 15:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 04 56 1854406 sulit-mencari-mangsa-beruang-kutub-terancam-punah-KaBPYlpCJ8.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Alat pelacak berteknologi tinggi telah merekam dan mengukur 9 beruang kutub betina saat mereka berusaha mendapatkan makanan di laut Arktik yang semakin berkurang. Alat pelacak merekam lokasi dan aktivitas mereka selama 11 hari.

Alat tersebut juga memungkinkan ilmuwan untuk mengetahui berapa banyak energi yang beruang kutub gunakan. Dilansir BBC, hal ini menunjukkan bahwa beruang tidak mampu menangkap cukup mangsa untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Tim tersebut mengatakan bahwa beruang liar memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Perubahan iklim tampaknya memilki efek yang luar biasa terhadap es di laut Arktik.

Hal ini membuat beruang harus semakin jauh saat mereka berburu makanan dan membuat mereka lebih sulit saat menangkap mangsa. Bayangan beruang kutub yang semakin kurus kini semakin viral dan banyak yang menanyakan apakah hal ini adalah gambaran utama saat perubahan iklim.

Penulis dari penelitian ini yang diterbitkan dalam jurnal sains menunjukkan bahwa beruang kutub perlu melakukan perjalanan lebih jauh untuk menemukan anjing laut. Ini kemungkinan merupakan faktor penting yang menjelaskan penurunan kondisi dan kelangsungan hidup beruang kutub.

Baca juga: Hewan Ini Bakal Menjadi Makhluk Hidup Terakhir di Bumi

Pada 2014, 2015, dan 2016, Anthony Pagano seorang peneliti di University of California Santa Cruz serta rekan-rekannya bertekad untuk melacak pemburuan dan kelangsungan hidup beruang kutub selama musim ini.

Peneliti menangkap sembilan beruang betina di lautan Beaufort dan mengukur tingkat metabolisme masing-masing beruang dengan menggunakan sampel darah dan urin. Selain itu, peneliti mengarahkan kamera GPS untuk merekam dan memfilmkan aktivitas mereka.

Pagano juga menjelaskan bahwa perlu menangkap banyak anjing laut untuk memenuhi kebutuhan energi mereka yang cukup tinggi. Luasnya laut Arktik yang diukur pada September menurun 14 persen per dekade.

Baca juga: 6 Hewan Tertinggi di Dunia, Beruang Grizzly Salah Satunya!

Keadaan mereka dapat semakin buruk dengan kebutuhan mereka namun harus mengubah strategi berburu sesuai dengan musimnya. Pagano mengatakan bahwa diperkirakan beruang menangkap beberapa anjing laut di musim gugur dibandingkan dengan musim semi serta musim panas yang bisa menangkap 5 sampai 10 per bulan.|

Peneliti kini memiliki teknologi untuk mempelajari bagaimana aktivitas mereka dan kebutuhan energinya. Peneliti juga dapat memahami implikasi dan perubahan apa yang terjadi di laut tersebut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini