Tak Hanya Ikan Pari, 5 Hewan Ini Punya Bisa Mematikan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 14:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 05 56 1854891 tak-hanya-ikan-pari-5-hewan-ini-punya-bisa-mematikan-eh8dyyNOV4.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin baru-baru ini tersengat ikan pari ketika berlibur bersama keluarga di Pulau Sangalaki, Kalimantan Timur. Atas kejadian ini, Menag Lukman dibawa ke Puskesmas Derawan sebelum dirujuk ke RSUD Berau.

Ikan pari merupakan hewan air laut yang memiliki sistem pertahanan diri. Hewan tersebut memiliki ekor yang panjang dan memiliki racun mematikan.

Dilaporkan bahwa Steve Irwin, seorang pemandu acara televisi yang dikenal dengan program The Crocodile Hunter meninggal dunia karena dadanya tertusuk ekor pari. Kejadian itu terjadi pada 2006.

Walaupun racun ikan pari tidak selalu mengakibatkan dampak pada tubuh yang fatal, tetapi ini jelas menyakitkan. Pasalnya, racun terdiri atas enzim 5-nucleotidase, phosphodiesterase, dan serotonin neurotransmitter.

Baca juga: Seberapa Mematikan Racun Ikan Pari

Dilaporkan Cnet, selain ikan Pari, berikut ini daftar hewan-hewan yang memiliki bisa berbahaya.

Ubur-Ubur Kotak

Ubur-ubur kotak memiliki wujud transparan dan terdapat tentakel yang mampu menyengat. Ketika menyengat, hewan tersebut mengeluarkan jutaan nematocysts, yang menjadikannya sebagai salah satu hewan mematikan.

Racun-racun Ubur-Ubur Kotak bisa menyebabkan rasa sakit yang hebat, kelumpuhan, syok, serangan jantung, dan bahkan kematian.

Ular Inland Taipan

Salah satu hewan melata yang memiliki bisa berbahaya ialah ular inland taipan. Kabarnya, satu tetes bisa ular tersebut bisa membunuh hingga 100 pria dewasa.

Gurita Cincin Biru

Gurita cincin biru memiliki bentuk yang kecil, tetapi memiliki racun yang melumpuhkan. Tidak hanya melumpuhkan, tetapi juga mematikan. Kabarnya, bisa hewan ini menyebabkan kegagalan pernapasan dalam waktu 10 menit dan kematian.

Ubur-Ubur Irukandji

Ubur-ubur irukandji memiliki bisa yang mematikan. Kabarnya, belum ada penawar untuk menyembuhkan racun ubur-ubur irukandji. Racun hewan ini bisa menyebabkan pendarahan otak.

Siput Kerucut

Siput Kerucut memiliki bisa yang berbahaya. Racun yang dimiliki hewan ini konon bisa membunuh 20 manusia dewasa.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini