Kisah William Gilbert sang Penemu Magnet Buatan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 06 56 1855524 kisah-william-gilbert-sang-penemu-magnet-buatan-mcS9JQ7WhW.jpg (Foto: Naturalphilosophy)

JAKARTA - William Gilbert merupakan ilmuwan Inggris dan seorang dokter yang disebut-sebut sebagai 'bapak listrik dan magnet'. Pria ini Lahir pada 24 Mei 1544, menjadi keluarga kaya di Colchester, Essex, dan mengenyam pendidkan di Universitas Cambridge serta mendapatkan gelar sarjana di 1561.

Ia lalu melanjutkan studinya, mendapatkan gelar Master dan akhirnya menerima gelar Doktor pada 1569. Gilbert semasa hidupnya di tengah terkenalnya Inggris sebagai negara pelaut dan para pelaut sangat bergantung pada kompas magnetik untuk membantu mereka bernavigasi.

Awalnya, Christopher Columbus berpikir bahwa Bintang Kutub itu menarik jarum kompas, yang lain mengira bahwa magnetisme disebabkan oleh pegunungan di Arktik. Selain itu, awalnya banyak yang percaya bahwa bawang putih benar-benar mengganggu perangkat penunjuk mata angin tersebut.

Gilbert lalu melakukan eksperimen selama sekira 17 tahun untuk mengklarifikasi pemahamannya tentang kompas dan fenomena magnetisme. Ia pun berkolaborasi dengan semua orang dari kapten dan navigator kapal hingga pembuat kompas.

Baca juga: Mikhail Kalashnikov sang Penemu AK-47 yang Menyesali Inovasinya

Sepanjang jalan ia menemukan cara untuk menciptakan magnet dari logam biasa dengan menggosoknya dengan magnet, dia belajar bagaimana memperkuat magnet. Ia menyadari bahwa magnet kehilangan kemampuannya ketika terkena suhu yang tinggi.

Ketika ia mengamati bahwa kekuatan magnetis sering menghasilkan gerakan melingkar, ia mulai menghubungkan fenomena magnet dengan rotasi Bumi. Hal ini menyebabkan penemuannya tentang magnetisme Bumi, dan memberikan dasar teoritis untuk ilmu geomagnetisme.

Baca juga: Matahari yang Bersinar Suatu Hari Akan Padam, Benarkah?

Setelah lulus, dia membuka praktik medis swasta di London, dan dalam beberapa tahun menjadi salah satu dokter yang paling dihormati dan sukses di Inggris. Pada 1599 ia menjadi Presiden Royal College of Physicians, sebuah dewan pengawas yang mengawasi praktik kedokteran di seluruh wilayah London yang lebih besar.

Tahun berikutnya, 1600, terbukti paling penting dalam hidupnya. Gilbert ditunjuk sebagai dokter istana untuk Ratu Elizabeth dan dia menerbitkan buku De Magnete. Ditulis oleh Gilbert seluruhnya dalam bahasa Latin, buku ini menyajikan hasil penelitiannya yang ekstensif mengenai sifat magnetisme dan listrik.

Dengan menerbitkan De Magnete Gilbert menghancurkan banyak teori ilmiah populer dan menjadi orang pertama yang benar-benar menjelaskan cara kerja kompas magnetik.

De Magnete segera diterima sebagai terobosan luar biasa dalam fisika dan menciptakan sensasi di dalam keseluruhan komunitas ilmiah Eropa. Ide baru Gilbert mengilhami astronom Galileo, yang membangun konsep Gilbert untuk kemudian menunjukkan bahwa bumi mengorbit mengelilingi matahari.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini