Paula Modersohn-Becker, Pelukis Jerman Jadi Sosok Google Doodle Hari Ini

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 08 Februari 2018 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 56 1856517 paula-modersohn-becker-pelukis-jerman-jadi-sosok-google-doodle-hari-ini-Qq4ngXtShb.jpg (Foto: Google)

JAKARTA – Google doodle hari ini menampilkan sosok berbeda. Kali ini, doodle dalam laman utama Google Search itu tampak sosok perempuan dengan kuas yang ia genggam.

Berbagai lukisan juga menghiasi sosok tersebut dengan warna yang beragam. Lantas siapa sosok doodle tersebut?

Rupanya, Google merayakan hari jadi Paula Modersohn-Becker yang ke-142. Paula Modersohn-Becker merupakan wanita pertama yang melukis dirinya dalam keadaan telanjang.

Orang tua Paula Modersohn sendiri menginginkan anaknya untuk menjadi seorang guru. Pelukis asal Jerman itu juga diminta untuk meninggalkan “egotisme” demi menjalankan tugas dengan benar.

Sebagai gantinya, Paula Modersohn menjadi salah satu seniman yang paling produktif pada masa itu dan membantu memunculkan gerakan modernis bersama Pablo Picasso dan Henri Matisse.

Pada usia 18 tahun, Paula Modersohn bergabung dengan koloni seniman di Worpswede, di utara Jerman. Disana, ia bertemu dengan calon suaminya, seniman yang lebih tua dari dirinya yakni Otto Modersohn.

Paula Modersohn kemudian pindah ke Paris untuk memperdalam seni modern. Bersama Otto Modersohn yang telah menjadi tunangannya, Paula memeprsiapkan penikahan hingga sekolah memasak.

Meski begitu, Paula tetap berambisi untuk melukis. Karya-karaya yang kerap ia tampilkan adalah wanita biasa yang dilukis telanjang, wanita yang tengah tidur, berkebun dan menyusui.

Pada 1906 saja, artis produktif itu melukis 80 gambar. Dia meninggal pada tahun berikutnya, 18 hari setelah melahirkan putrinya pada usia 31 tahun. Demikian seperti dilansir Time, Kamis (8/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini