Astronom Deteksi Planet di Luar Galaksi Bima Sakti

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 09:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 09 56 1857106 astronom-deteksi-planet-di-luar-galaksi-bima-sakti-aor47N7s9W.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Astrofisikawan mendeteksi beberapa planet yang berada di galaksi lain. Planet tersebut mulai dari massa yang sekecil bulan hingga massa sebesar Jupiter.

Para periset di University of Okhaloma dapat melakukan ini berkat penggunaan mikrolensia gravitasi yang baik, mengingat betapa sulitnya menemukan exoplanet bahkan di galaksi Bima Sakti.

Teknik ini pertama kali diungkap melalui teori relativitas umum Einstein yang telah digunakan untuk menemukan exoplanet di dalam Bima Sakti. Ini merupakan satu-satunya cara yang diketahui untuk menemukan planet terkecil dan paling jauh ribuan tahun cahaya dari Bumi.

Peneliti bisa mengetahui keberadaan planet-planet asing melalui cahaya yang sampai pada mereka. Sejauh ini sudah 53 exoplanet dalam Bima Sakti yang telah terdeteksi dengan metode ini.

Astronom Universitas Oklahuma, Xinyu Dai dan Eduardo Guerras mempelajari sebuah kuasar (sumber radiasi elektromagnetik kuat yang terletak di luar Bimasakti) 6 miliar tahun lamanya yang disebut RX J1131-1231. Ini merupakan salah satu kuasar terbaik dengan gravitasi di langit.

Di antara medan galaksi 3,8 miliar tahun, kuasar terang sedemikian rupa sehingga menciptakan empat gambar kuasar, yang merupakan supermasif aktif yang sangat terang dalam sinar X. Semua itu berkat panas yang luar biasa dari disk akresi.

Baca juga: Fenomena 4 Gerhana di 2018, Nomor 3 Paling Menarik

Dengan menggunakan data dari observatorium sinar-X Chandra NASA, para periset menemukan bahwa ada pergeseran energi yang aneh di cahaya kuasar dan hanya bisa dijelaskan oleh planet-planet di galaksi yang melapisi kuasar.

Sekira 2.000 planet tak beraturan dengan massa berkisar antar bulan dan Jupiter berada di antara bintang-bintang galaksi. Xinyu Dai mengaku sangat gembira mengingat ini pertama kalinya seseorang menemukan planet di luar galaksi ini.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

Mungkin akal sehat berpikir memang ada planet di luar sana, namun dengan adanya bukti akan jauh lebih baik. Walaupun manusia tidak bisa melihat planet di luar sana, hal ini rupanya akan menjadi contoh seberapa kuat teknik microlensing extragalaksi.

Menurut Guerras tidak ada kemungkinan untuk mengamati planet-planet tersebut secara langsung bahkan dengan teleskop terbaikpun. Namun, ini bisa dipelajari dan mengungkapkan kehadiran planet-planet tersebut yang bahkan akan memiliki gagasan tentang massanya. Dilansir dari Sciencealert.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini