Teknologi Layar Sentuh Telah Muncul Sejak 1948

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 09 56 1857208 teknologi-layar-sentuh-telah-muncul-sejak-1948-aElYMPNXrc.jpg (Foto: Computergk)

JAKARTA - Istilah touch screen atau layar sentuh merupakan input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Kini touch screen sudah banyak diterapkan di berbagai benda di sekitar manusia, seperti smartphone dan laptop.

Tahukah Anda bahwa ternyata touch screen sudah ada sejak lama. Sejarawan teknologi mengatakan kalau teknologi touch screen dimulai dari industri musik dengan synthesizer yang sensitif terhadap sentuhan.

Dilansir dari Baanro, touch screen ini dikembangkan pada 1948 dimulai dari Electronic Sackbut milik Hugh Le Caine (komposer dari Kanada). Perangkat ini melibatkan penggunaan keyboard piano dan control board. Jadi, orang-orang yang memainkan alat musik menggunakan sentuhan untuk mengendalikan volume melalui tekanan terhadap tombolnya dan mengatur tekstur musik melalui control board.

Kemajuan yang cepat di 1965, di mana teknologi touch screen ini diterapkan di layar oleh E.A Johnson. Layar tersebut berasal dari Royal Radar Establishment, Inggris dan merupakan versi utama dari teknologi layar sentuh, yang pada akhirnya digunakan di ATM dan semua jenis gerai customer service.

Baca juga: 5 Smartphone yang Meluncur di 2018

Layar sentuh pertama kali dikenal dan digunakan oleh University of Illionis, yang mengembangkan PLATO IV pada 1972. University of Illionis telah mengembangkan sistem komputer terhadap pendidikan sepanjang 1960-an. Sistem tersebut menggunakan panel sentuh inframerah yang digunakan siswa untuk menjawab pertanyaan.

Pada 1982, touch screen mulai memperkenalkan teknologi multitouch. Multitouch ini melibatkan penggunaan kamera video yang mampu berinteraksi dengan komputer. Konsep ini mulai digunakan di layar pada 1984 dan penggunaan pertamanya memungkinkan orang memanipulasi grafis menggunakan jari mereka.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ponsel Basah Terguyur Air Hujan

Teknologi ini terus berkembang di era 80 hingga 90 sampai diperkenalkannya keyboard dan mouse yang pada akhirnya diambil alih oleh Simon Personal Communicator Phone pada 1993. Di 2007, penggunaan teknologi touch screen mulai populer di perangkat konsumen dan popularitasnya melonjak hingga kini.

Meskipun sederhana, hal ini membuka jalan untuk mengembangkan layar sentuh seperti yang dikenal sekarang ini.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini