Mengamati Tren Full Screen Display

Hessy Trishandiani, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 10 16 1857556 mengamati-tren-full-screen-display-odVPEzNrJc.jpg Ilustrasi smartphone full screen display (Foto: Ist)

APA yang ada di benak Anda saat mendengar kata smartphone? Mungkin yang langsung terbayang adalah ponsel canggih dengan teknologi paling mutakhir.

Teknologi smartphone tentunya tak lagi hanya bisa membuat kita berkomunikasi via suara atau teks, tapi juga bisa diandalkan untuk memotret, membuat video, mendengarkan musik, menonton film, dan bahkan bekerja dari luar kantor. Dari berbagai fitur yang diunggulkan, salah satu fitur smartphone yang selalu menjadi daya tarik utama para penggunanya ternyata adalah layar yang lebar dan penuh.

Tren smartphone memang sudah bergeser. Jika dulu bezel yang mengelilingi smartphone masih agak tebal, kini bezel semakin tipis. Bahkan banyak bermunculan smartphone tak berbezel, atau istilah kerennya adalah full screen display. Smartphone dengan full screen display menjadi incaran mereka yang hobi memanjakan mata secara visual. Tak heran jika smartphone dengan full screen display kini menjadi tren di Indonesia.

Ini juga yang membuat banyak vendor smartphone yang menghadirkan smartphone dengan full screen display. Tilik saja beberapa merek terkenal yang menggadang-gadangkan smartphone full screen display, antara lain; Samsung Galaxy Note 8, LG G6, Vivo V7+, dan banyak lagi lainnya.

Minat pasar yang cukup tinggi pada smartphone dengan layar penuh ini juga semakin meningkat. Full screen display memang bisa dikatakan bisa memanjakan mata para penggunanya. Smartphone tentunya menjadi lebih nyaman digunakan untuk mengetik teks, bekerja, hingga menonton streaming video atau bermain online game. Aktivitas-aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan lebih nyaman dalam keseharian, sehingga mata tak cepat lelah dan sisi hiburan juga lebih terpenuhi. Tak heran jika berbagai hal tersebut membuat minat pasar terhadap full screen display juga melonjak.

Di balik segala kenyamanan tersebut juga berbanding sejajar dengan harga. Banyak smartphone dengan full screen display yang masih mahal. Tilik saja banderol yang melabeli Samsung Galaxy Note 8 yang baru bisa dibawa pulang setelah Anda merogoh Rp12.999.000, atau LG G6 seharga Rp9.999.000, dan Vivo V7+ di kisaran Rp4.699.000.

Harga yang tinggi ini cukup disayangkan oleh penggemar gadget, terutama para pencinta keindahan dan kenyamanan visual yang hanya bisa didapatkan dari smartphone dengan jenis full screen display. Di sisi lain, ini menjadi tantangan tersendiri bagi vendor smartphone agar bisa menghadirkan full screen display smartphone dengan harga lebih terjangkau. Namun para pencinta gadget masih bisa berharap pada Xiaomi. Sebagai vendor yang selalu menghadirkan smartphone dengan spesifikasi tinggi dan harga sangat terjangkau, tentunya Xiaomi diharapkan bisa menjadi jawaban bagi tantangan tren smartphone full screen display di Indonesia.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini