nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronom Temukan Exoplanet Berada di Luar Galaksi Bima Sakti

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 11 Februari 2018 14:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 11 56 1857913 astronom-temukan-exoplanet-berada-di-luar-galaksi-bima-sakti-sIIKt5VGce.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Penemuan Exoplanet di galaksi Bima Sakti sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 3.700 planet. Kini para astronom sedang menyelidiki untuk menemukan planet extrasurya di galaksi lain.

Dilansir dari Discovermagazine, sekelompok peneliti dari University of Oklahoma baru saja menemukan populasi planet yang mengambang bebas di galaksi pada jarak 3,8 miliar tahun cahaya. Hasil penemuan ini dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters pada 2 Februari.

Para periset menggunakan metode yang dikenal sebagai mikrolensing kuasar yang secara umum digunakan untuk mempelajari daerah mirip disk di sekitar lubang hitam supermasif, di mana akan membentuk spiral ke arah cakrawala. Ketika kuasar terhalang oleh galaksi, maka galaksi akan menciptakan beberapa replika kuasar. Replika ini selanjutnya diperbesar oleh bintang-bintang di galaksi untuk menciptakan gambar yang diperbesar sehingga dapat dipelajari lebih rinci.

Sehingga, dapat digunakan unutk mempelajari kuasar secara lebih rinci. Sambil mempelajari cahaya yang dipancarkan oleh kuasar RXJ1131-1231 oleh Chandra X-ray Obsevatory, para peneliti melihat bahwa gelombang cahaya tertentu dipancarkan oleh besi yang kuat daripada lensa efek bintang yang menghalangi galaksi.

Baca juga: Fenomena 4 Gerhana di 2018, Nomor 3 Paling Menarik

Dengan ini, para peneliti menyimpulkan bahwa energi yang bergeser kemungkinan disebabkan oleh populasi bulan besar dibandingkan massa dari Bulan sampai Jupiter.

Dari data yang didapat, ternyata peneliti menemukan perbandingan dari 2.000 planet di galaksi lain, di mana planet-planet tersebut secara khusus tidak mengorbit pada bintang, melainkan berterbangan secara bebas karena tidak terikat dan tidak memiliki efek yang sama seperti planet lainnya.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

Xinyu Dai peneliti dari University of Oklahoma berpendapat bahwa ada kemungkinan beberapa tanda yang menunjukkan adanya populasi dengan massa yang kecil, tetapi hal tersebut perlu diselidiki lebih lanjut. Selain itu, ia juga sedang meneliti galaksi lainnya.

Hal ini bukan pertama kalinya para astronom mengklaim exoplanet di luar galaksi Bima Sakti. Sebuah tanda yang sesuai dengan 3 planet telah terdeteksi di galaksi pada jarak 4 miliar tahun cahaya. Namun, ini adalah satu-satunya kesempatan penyelarasan microlensing.

Bintang HIP 13044 dilaporkan membawa exoplanet yang 25 persen lebih besar dari Jupiter, namun tidak ditindaklanjuti karena tidak memiliki bukti. Meskipun itu adalah Bima Sakti, aslinya berasal dari sebuah galaksi kecil yang bertabrakan dengan Bima Sakti enam miliar tahun yang lalu.

Bintang Vagabond seperti HIP 13044 dapat memelihara exoplanet dari galaksi lain secara rinci. Dengan teknologi teleskop saat ini microlensing dapat mendeteksi di galaksi lain.

Walaupun tidak sepenuhnya menyelidiki hal ini, menemukan exoplanet yang dekat dengan bintang akan membantu bagaimana exoplanet lahir di galaksi yang berbeda.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini