nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bersaing dengan Kodak, Kamera Polaroid Capai Puncaknya di 1977

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 19:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 12 56 1858389 bersaing-dengan-kodak-kamera-polaroid-capai-puncaknya-di-1977-C37Eqwe64f.jpg (Foto: Financialexpress)

JAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan kamera Polaroid? Ternyata kamera yang lebih dikenal dengan kamera langsung jadi ini telah ada sejak beberapa dekade lalu.

Dilansir dari Digital Public Library of Amerika, kamera Polaroid perrtama dikembangkan oleh Edwin H. Land dan ini merupakan hobinya selama Perang Dunia ke II. Setelah perang, pertumbuhan ekonomi industri baru di Amerika mulai berkembang, salah satunya adalah industri instan photography.

Fotografi Polaroid difokuskan untuk meminimalkan waktu dalam mengambil gambar dan melihat gambar. Namun, kamera Polaroid pertama yang muncul di 1948 masih mengandalkan fotografer dalam penyempurnaan hasilnya, sehingga diberi warna sepia, dan di 1950 mulai berkembang dengan cetakan hitam-putih.

Seiring berjalannya waktu, kamera Polaroid semakin berkembang setelah cetakan hitam-putih, maka muncul di 1963 cetakan warna dengan melepas kulitnya dan pada 1972 cetakan warna tanpa melepas kulitnya. Pada1977 kamera Polaroid mencapai puncak popularitas dengan memegang dua pertiga pasar meskipun bersaing dengan Kodak.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Sekira 1979 penjualan kameran Polaroid menurun karena adanya kamera video dan kamera berukuran 35 milimeter dengan harga yang murah. Pada akhirnya, Edwin berinovasi dengan menciptakan fotografi instan sesuai dengan keinginan publik sehingga tidak menyebabkan kematian pada produknya sendiri karena banyaknya kamera digital.

Penemuan fotogrofi instan ini yang populer dengan nama Kamera Polaroid membuat sesuatu yang menarik dalam industri fotografi. Orang dapat bebas berfoto dan kemudian bisa memiliki foto yang sudah diambil dalam bentuk cetakan.

Baca juga: Berawal dari Coba-Coba, Martin Cooper Ciptakan Ponsel Seluler

Pada abad ke-20 iklan Polaroid mulai meraih perhatian masyarakat dengan menggunakan taglines, “Take and Show Party Pictures While the Fun is Going On”. Di 1976, Pemimpin Redaksi British Journal of Photography, Geoffrey Crawley mengamati bahwa berfoto dengan kamera instan sudah menjadi hal umum yang dinikmati oleh sekelompok orang.

Penulis Peggy Sealfon mencatat bahwa kamera instan dapat digunakan sebagai icebreakers dan memotivasi seseorang untuk melakukan hal-hal yang tidak terduga.

Adanya Polaroid menjadi sesuatu yang baru dalam pengenalan terhadap konsep gambar instan. Meskipun banyak muncul foto digital, cetakan kamera Polaroid masih terus dinikmati masyarakat karena memiliki khas batasan putih dan ukuran khusus.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini