Tak Hanya Ponsel, Laptop Juga Miliki Desain Bezel-Less

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 12 Februari 2018 13:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 12 57 1858266 tak-hanya-ponsel-laptop-juga-miliki-desain-bezel-less-yUf3BEGzqd.jpg (Foto: Letsgodigital)

JAKARTA - Tidak hanya ponsel yang didesain kini dengan layar tipis atau disebut bezel-less. Vendor rupanya menyiapkan laptop yang mengusung desain bezel-less.

Dilansir Letsgodigital, Senin (12/2/2018), Samsung telah mempatenkan desain laptop baru dengan WIPO. Paten Samsung diterbitkan pada 23 Januari 2018 oleh WIPO (World International Property Organization).

Ini adalah paten desain hias dan bukan paten utilitas. Ini berarti bahwa paten terbatas pada desain laptop dan tidak ada fungsi yang dijelaskan.

Kabarnya, Samsung telah mengajukan paten serupa dengan USPTO pada 2013, yang disetujui pada Maret 2015. Paten ini menampilkan sketsa yang sama.

Desain yang dipatenkan terlihat sangat mirip dengan seri notebook ultra tipis dari Samsung. Perangkat tampak menampilkan layar penuh dengan bezel yang sangat sempit.

Baca juga: 3 Fitur Samsung Galaxy S9 dan S9+ Terkuak Sebelum Rilis

Meskipun demikian, sketsa tampak tidak menunjukkan kamera terintegrasi. Umumnya, bezel pada laptop memungkinkan perusahaan untuk menempatkan kamera, tetapi dengan bezel yang dihilangkan, masih belum diketahui di mana letak kamera tersebut.

Situs letsgodigital mengungkapkan, pernah ada paten untuk smartphone Samsung yang memungkinkan perangkat menyembunyikan sensor dan kamera di layar. Karena hak paten tidak mengandung deskripsi lebih lanjut, tidak diketahui apakah Samsung ingin menggunakan teknologi serupa untuk komputer jinjingnya.

Baca juga: Smartphone Lipat Samsung Batal Meluncur Tahun Ini, Kenapa?

Inovasi Perangkat

Perangkat mobile yang diciptakan saat ini menunjukkan inovasi yang terus dikembangkan. Tidak hanya soal ponsel atau laptop yang tampak bezel-less, tetapi juga layar perangkat yang bisa ditekuk atau dilipat.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, bos bisnis Mobile Samsung, DJ Koh mengonfirmasi bahwa peluncuran Galaxy X tertunda hingga 2019. Smartphone berlayar lipat tersebut sejatinya meluncur tahun ini, sebagaimana pernyataan DJ Koh sebelumnya.

Bos Samsung itu menyampaikan penundaan Galaxy X dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018, di Las Vegas. Ia mengatakan bahwa smartphone yang mampu dilipat akan hadir di tahun depan.

Alasan utama perusahaan menunda rilis Galaxy X adalah ketidakmampuan para engineer untuk merancang UX atau pengalaman pengguna yang sesuai dengan end-user.

Meski begitu, DJ Koh menyatakan bahwa Samsung secara aktif mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian, smartphone lipatnya, yang disebut-sebut Galaxy X itu bisa diluncurkan pada akhir 2019.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini