nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Huawei Gunakan Review Mate 10 Pro Palsu demi Pikat Pengguna

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 14:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 207 1858827 huawei-gunakan-review-mate-10-pro-palsu-demi-pikat-pengguna-07yuHCzing.jpg (Foto: CNet)

JAKARTA – Falgship Huawei terbaru – Mate 10 Pro telah tersedia di Amerika Serikat (AS) secara pre-order. Langkah ini sendiri dilakukan Huawei tanpa menggandeng operator AS karena batal menempuh kesepakatan.

Sebagai gantinya, Huawei tampaknya telah membuat review palsu terkait Mate 10 Pro demi menggoda pengguna di AS. Hal ini mulanya terendus oleh 9to5Google.

Baca: Alih-Alih Lawan Apple dan Samsung, Ponsel Huawei Ditarik di AS?

Review palsu itu secara eksklusif muncul di situs web Best Buy, yang kemungkinan merupakan hasil kontes perusahaan melalui Facebook. Pada 31 Januari, Huawei mem-posting ke sebuah grup di Facebook dengan anggota lebih dari 60.000 pengguna.

Huawei meminta orang-orang untuk berkomentar di halaman pre-order Best Buy dengan imbalan kesempatan untuk menguji Mate 10 Pro beta. Posting-an itu sendiri telah dihapus namun 9to5Google mendapatkan screenshot-nya.

“Beri tahun kami alasan Anda INGIN memiliki Mate 10 Pro di bagian ulasan dari halaman Best Buy pre-order kami,” tulis Huawei.

Di situr Best Buy sendiri kini terdapat 108 ulasan terkat smartphone Huawei itu, dan 103 diantaranya ditulis pada atau setelah 31 Januari – saat perusahaan memposting kontes itu. Banyak komentar yang merujuk bahwa mereka tidak memiliki pengalaman langsung dengan Mate 10 Pro, namun memberi rating bintang lima pada produk tersebut.

"Perangkat ini terlihat menarik dan indah dan akan sangat menakjubkan jika memiliki kesempatan untuk mengujinya versi beta," tulis salah satu netizen.

Tampaknya Huawei menilai bahwa peringkat yang tinggi sejak awal akan membuat orang mempercayai produknya serta menghasilkan penjualan yang signifikan. Cara yang ditempuh Huawei memang cukup baik.

Sayangnya review yang didorong oleh Huawei itu bertentangan dengan kebijakan Best Buy.

“Kami berhak untuk tidak mengirimkan review Anda jika berisi jenis konten berikut (iklan, spam, referensi ke produk, penawaran, atau situs web lainnya) atau melanggar pedoman lainnya,” tulis Best Buy dalam situsnya.

Baca juga: Pikat Pengguna, Gal Gadot Jadi "CEO" Huawei

Review Mate 10 Pro sendiri termasuk dalam kategori iklan karena mereka mengikuti kontes dan belum pernah menggunakannya secara langsung. Smartphone Huawei itu sendiri memang tak mendapatkan dukungan dari operator AS.

Pasalnya pemerintah AS tak mengizinkannya seiring kekhawatiran atas keamanan dan kepercayaan. Huawei sendiri belum memberikan komentarnya terkait review palsu itu. Demikian seperti dilansir The Verge, Selasa (13/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini