Valentine, Pembeli di Toko Online Naik Dua Kali Lipat

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 13 207 1858839 valentine-pembeli-di-toko-online-naik-dua-kali-lipat-HOtfK9EK15.jpg (Foto: ShopBack)

JAKARTA - Generasi milenial ternyata masih tertarik untuk merayakan Hari Valentine. Baru-baru ShopBack melakukan survey dan menemukan sebanyak 54,9 % masyarakat mengaku akan membeli hadiah untuk pasangan di Hari Valentine.

Uniknya 54,1% responden perempuan yang bersemangat untuk memberikan sesuatu kepada pasangannya. Survey ini dilakukan secara Online terhadap lebih dari 1100 responden dengan rentan usia 18-38 tahun di wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makasar. Hal ini bertujuan untuk melihat pola perilaku belanja masyarakat Indonesia di Hari Valentine.

Menurut Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head of ShopBack Indonesia, perilaku belanja masyarakat Indonesia pada saat merayakan Hari Valentine mulai bergeser dari offline ke online. Sebelumnya 74,1% responden pada umumnya membeli hadiah untuk Valentine di toko offline dan 25,6% membeli hadiah Valentine di toko online.

Umumnya barang-barang yang banyak dibeli secara online adalah cokelat (45,8 %), voucher makanan di restoran mewah (32,5 %) dan boneka (19,9 %). Dengan maraknya e-commerce serta didukung dengan infrastruktur yang memadai, sebanyak 47,7 % responden mengaku dengan adanya toko online maka akan semakin sering membeli barang untuk hadiah Valentine. Angka ini naik hampir dua kali lipat dari sebelum kemunculan e-commerce.

Baca juga: Wow! Startup ShopBack Dapat Kucuran Dana Senilai Rp337 Miliar

Saat Hari Valentine cokelat tidak pernah ketinggalan di momen ini. Berdasarkan survey sekira 50,4% mengaku lebih menyukai cokelat sebagai hadiah Valentine. Selain cokelat generasi milennial Indonesia juga menyukai hadiah berupa makan di tempat romantis, cincin berlian, boneka, bunga, dan kosmetik.

Baca juga: Mengapa Islam Melarang Merayakan Valentine?

Kebanyakan perempuan suka jika diberi bunga saat Valentine. Akan tetapi berdasarkan survei ternyata perempuan lebih memilih mendapatkan cokelat, cincin berlian, dan makan di restoran mewah. Sementara pria lebih memilih mendapatkan bunga dan surat cinta dari pasangannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini