Ketahui Asal Usul Permainan Fidget Spinner

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 13 326 1859146 ketahui-asal-usul-permainan-fidget-spinner-i4WsUifyEZ.jpg (Foto: PBS)

JAKARTA - Pada 2017, masyarakat Indonesia khususnya anak-anak mulai menggemari mainan seperti baling-baling, Fidget Spinner. Tapi tahukah Anda kalau ternyata mainan ini bukan ditemukan oleh orang Indonesia, melainkan wanita asal Orlando, Catherine Hettinger.

Dilansir dari Bloomberg, Hettinger mengaku tidak terlibat dengan perusahaan mainan untuk membuat mainan yang populer. Mulanya, ia mendapatkan dua paten membuat tatakan yang bisa membantu orang membawa makanan. Di 1993, ia mengajukan paten berupa alat melingkar yang dibentuk dari sepotong plastik dan berputar di ujung jari.

Hak paten Hettinger diberikan pada 1997 dan ia mulai membuat perangkat di ruang cuciannya dengan menggunakan mesin yang ia beli dari produsen dan menjualnya di pameran seni. Hettinger pergi ke konvensi mainan dan memasang spinner ke Hasbro Inc, ia pun dipuji oleh masyarakat.

Hettinger membiarkan hak patennya terputus pada 2005, karena pemegang hak paten harus membayar secara berkala untuk mempertahankannya. Lebih dari satu dekade, tahun 2016 generasi sekarang memainkan fidget spinner. Namun ternyata mainan tersebut tidak memiliki kesamaan dengan mainan Hettinger.

Ketika seseorang membuka halaman Wikipedia, akan tertulis bahwa Hettinger sebagai penemunya. Hettinger mengatakan bahwa ia berasumsi kalau salah satu temannya telah mengembangkannya.

Baca juga: Fidget Spinner Sudah Ada sejak 4.000 Tahun yang Lalu, Ini Buktinya!

Selain halaman Wikipedia, Hetinger mengaku bahwa tidak ada hubungan langsung antara mainan plastiknya dengan fidget spinner yang populer saat ini. Ia tidak tahu apakah patennya akan berlaku untuk orang-orang yang mengembangkan penemuannya atau tidak.

Hal ini bukan untuk mengatakan bahwa perusahaan kecil selalu kalah, terutama saat membuat produk seperti mainan yang mudah ditiru dan didistribusikan dengan relatif mudah. Kini Hettinger baru saja melakukan kampanye Kickstarter untuk membantunya membayar pembuatan spinner-nya, ia akan membuatnya menjadi klasik.

Baca juga: Astronom Main Fidget Spinner di Luar Angkasa, Seperti Apa?

Penemu mainan yang tiba-tiba populer ini telah mengumpulkan 6,4 juta dolar melalui Kickstarter, namun baru-baru ini ia memutuskan untuk melisensikan hak patennya ke perusahaan bernama Zuru.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini