nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indra Pendengaran Manusia Lebih Dulu Muncul Ketimbang Indra Penglihatan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 13 56 1858888 indra-pendengaran-manusia-lebih-dulu-muncul-ketimbang-indra-penglihatan-BF7fMLVyPt.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Penelitian menunjukkan bahwa indra manusia yang pertama kali berkembang adalah pendengaran. Janin dapat mendengar setelah berumur 24 minggu. Tepatnya, indra pendengaran pada janin mulai berkembang pada minggu ke-8 dan akan selesai mengalami pembentukan pada minggu ke-24.

Buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr. Zakir Naik' karya Ramadhani dkk menjelaskan, melalui air ketuban sebagai penghantar, pendengaran janin bisa semakin baik. Ketika berada dalam kandungan, janin mulai bisa mendengar suara aliran darah melalui plasenta.

Tidak hanya itu, janin bisa mendengar suara denyut jantung dan suara udara yang terdapat dalam usus. Dengan kemampuan indra pendengaran, janin juga merespon suara-suara keras. Beberapa suara keras bahkan bisa membuat janin terkejut.

Saat masuk usia 25 minggu, barulah janin dapat mendengar serta mengetahui suara orang-orang terdekat seperti ibu dan ayah. Berikutnya, memasuki usia minggu ke-27 indra penglihatan mulai berkembang.

Janin untuk pertama kalinya mulai dapat membuka matanya serta melihat ke sekeliling. Pada masa ini, mata janin dapat menangkap cahaya yang masuk ke dalam rahim ibu.

Baca juga: Ternyata! Alam Semesta Semakin Meluas Dijelaskan Alquran dan Sains

Sebelum penelitian menemukan indra pendengaran muncul terlebih dahulu sebelum indra penglihatan, Alquran telah mengungkap mengenai hal ini. Fase perkembangan indra sudah diterangkan dalam Alquran.

Baca juga: Matahari yang Bersinar Suatu Hari Akan Padam, Benarkah?

"Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, tetapi kamu sedikit sekali bersyukur," bunyi Surah As-Sajdah Ayat 9.

Ayat tersebut mengungkap bahwa indra pendengaran telah berkembang terlebih dahulu sebelum indra penglihatan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini